Sukses

Tank 'Hand Made' Buatan Insinyur di Kampung China

Peng, seorang warga desa pembuat tank ini, mengaku sangat tertarik dengan hal-hal militer dan mekanis sejak masih anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Sudah ada berbagai rupa benda yang diciptakan oleh para insinyur pedesaan China, mulai dari helikopter, unit penggali tanah, mobil balap, dan lobster mekanis. Semuanya hand made alias buatan sendiri.

Nah, sekarang ditambah satu karya lagi, yaitu sebuah tank tempur.

Adalah ayah bernama Peng Haojie dari Shandong yang berhasil membuat tiruan tank tempur T-99 dalam skala 1:1, seperti dikutip dari Shanghaiist.com pada Sabtu (2/7/2016).

Tank bermesin diesel itu diciptakan dengan bantuan sejumlah teman dan memerlukan waktu sekitar 11 bulan hingga rampung. Armada itu bisa mencapai kecepatan 15 km per jam.

Dengan panjang 10 meter dan lebar 3 meter, tank seberat 20 ton ini merupakan tiruan yang cermat dari bagian-bagian dan sistem-sistem mekanis kendaraan tempur sesungguhnya. Walau tentu saja tidak bisa menembakkan peluru.

Yang lebih hebat lagi, Peng sebenarnya tidak memiliki pengalaman membuat tank atau memiliki cetak biru kendaraan tempur tersebut. Semua dibuat sendiri.

Peng, seorang warga desa pembuat tank ini, mengaku sangat tertarik dengan hal-hal militer dan mekanis sejak masih anak-anak. (Sumber Sina News/People's Daily via Shanghaiist.com)

Peng mengaku sangat tertarik dengan hal-hal militer dan mekanis sejak masih anak-anak. Rasa tertarik itu menjadi kenyataan ketika mendengar bahwa sekolah taruna tempat anaknya belajar kekurangan alat bantu ajar tentang tank.

Bagi Peng dan teman-temannya, ini baru permulaan. Mereka berniat membangun satu peleton penuh T-99, termasuk replika sejumlah varian tank tempur tersebut.

Ia berharap agar anak-anak jadi lebih tertarik dengan pertahanan dan dunia militer nasional.

Peng, seorang warga desa pembuat tank ini, mengaku sangat tertarik dengan hal-hal militer dan mekanis sejak masih anak-anak. (Sumber Sina News/People's Daily via Shanghaiist.com)

Tank bukan barang baru di antara segelintir benda buatan sendiri hasil karya warga pedesaan China. Di masa lalu, seorang petani di Liaonong memperbaiki tank Soviet berfungsi penuh di halaman belakang tempat tinggalnya.

Entah apa lagi yang akan diciptakan oleh petani itu setelah melihat karya semisal kapal selam berbobot 1.000 kg, pedati yang dioperasikan seekor anjing, mobil tenaga surya, hingga model Transformers sungguhan.


**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.