Sukses

10 Trik Membuat Orang Lain Menuruti Kemauan Anda

Liputan6.com, Jakarta- Jika anda ingin seseorang melakukan suatu tindakan untuk Anda dengan perasaan sukarela dan sepenuh hati, maka anda perlu strategi yang terbukti manjur dan bisa diandalkan. 

Ada sejumlah trik yang perlu dicoba untuk membuat seseorang melakukan atau merespons suatu hal sesuai dengan kemauan Anda. Cara-cara ini kerap kali digunakan oleh banyak orang dengan kepentingan masing-masing. 

Berikut 10 trik psikologi ampuh yang mampu buat orang lain bertindak sesuai dengan keinginan anda:

Gunakan ‘Umpan’

Bagi anda yang berkecimpung di dunia bisnis atau marketing, teknik umpan sangat berguna dalam mempengaruhi keputusan calon pembeli produk.

Jika anda menemukan kesulitan dalam menjual produk termahal di antara dua opsi yang anda tawarkan, maka anda perlu mencoba tambahkan opsi ketiga atau ‘umpan’. Fungsi dari opsi ketiga adalah untuk membuat opsi termahal seolah jauh lebih menarik.

Trik 'Price Decoy Strategy' berguna untuk membuat seseorang lebih tertarik untuk membeli suatu produk dengan harga termahal. (sumber: xpsicologica)

Harga opsi ketiga harus disamakan atau dibuat menghampiri angka yang sama dengan harga opsi termahal, namun dengan kualitas yang jauh lebih rendah.

Dengan begitu, seseorang akan dipandu oleh alam bawah sadarnya untuk memilih untuk membeli opsi termahal karena dianggap menguntungkan dan berkualitas.

Seperti dilansir dari The Economist, teknik yang dinamakan decoy pricing strategy ini sangat berguna karena seseorang biasanya enggan membeli yang mahal ketika ditawarkan dua produk saja.

Sedangkan mereka yang disodorkan 3 opsi lebih cenderung berkeinginan untuk membelinya karena merasa untung. Pembeli ingin uang yang mereka keluarkan tidak terbuang sia-sia dan digunakan untuk produk yang terbukti bagus.

Dengan ada ‘umpan’ tersebut, seseorang akan melihat opsi termahal seakan yang terbaik dari dua pilihan lainnya.

Ganti Suasana

Saat anda tengah bernegosiasi, atau dalam situasi tawar menawar untuk mencapai sebuah kesepakatan kerja sama bisnis, pastikan tempatnya tidak berada di dalam kantor atau area lainnya yang terkesan serius.

Sebab, hal tersebut secara tidak langsung membuat klien anda tertekan sehingga responsnya bisa menjadi agresif dan tidak kooperatif. Klien anda akan lebih egois dalam mengemukakan pendapatnya karena suasananya terkesan kaku dan tidak nyaman.

Dua wanita tengah menikmati perbincangan di sebuah kafe.

 

Namun, jika Anda melakukannya di tempat lain seperti kedai kopi atau area-area netral yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, klien akan lebih nyaman menerima pendapat dan tanpa disadari, elemen keegoisan dalam diri mereka secara drastis berkurang.

Jadi, suasana atau tempat mempunyai peranan penting dalam usaha mencapai kesuksesan proses negosiasi dan bentuk kerja sama lainnya.

2 dari 3 halaman

Utang Budi hingga Baca Situasi

‘Utang Budi’

Cara ini mungkin adalah trik terpopuler yang kerap kali digunakan semua orang untuk mendapatkan apa yang mereka mau dari orang lain.

Seseorang akan lebih sulit menolak untuk melakukan sesuatu yang anda inginkan apabila Anda sudah memberikan bala bantuan kepada orang tersebut sebelumnya. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu untuk membantu orang tersebut melakukan pencapaian tertentu.

Ilustrasi pemberian hadiah.

Kesediaan dan kontribusi Anda dalam kesuksesan mereka tentunya akan membuat mereka merasa seolah mereka berutang budi pada anda. Membuat anda bahagia akan menjadi suatu keharusan bagi mereka.

Melansir dari Investor Guide, trik ini sering kali ditemukan dalam dunia politik di mana seseorang bertindak baik untuk kemajuan seseorang dengan harapan dirinya akan diperlakukan sama.

Tiru Gerak-Gerik

Ketika Anda mengikuti gerak-gerik seseorang, mereka akan merasa lebih nyaman berada di sekitar Anda.

Perhatikan baik-baik gerakan tangannya saat berbicara, pandangan matanya, intonasi nada berbicaranya dan hal-hal lain yang anda lihat sering dilakukan orang tersebut saat berkomunikasi dengan anda.

Orang tersebut kemungkinan besar tidak menyadari bahwa dirinya telah ditiru, namun upaya Anda untuk melakukan sejumlah gerakan yang menyerupainya akan membuat orang tersebut merasa aman, mendapatkan dukungan, dan menganggap anda sebagai sosok yang paling mengerti dirinya.

Ilustrasi meniru orang lain. (sumber: Working Women Info)

Trik ini biasa digunakan oleh psikolog atau psikiater ketika berbicara dengan pasiennya. Tidak mudah bagi mereka untuk mencoba membuka hati para pasiennya dan mereka harus mengandalkan cara yang akan membuat pasiennya mereka aman dan dimengerti.

Atur Kecepatan Berbicara

Saat Anda terlibat dalam sebuah argumen, kemampuan untuk mempercepat berbicara sangat penting untuk memenangkannya.

Anda memberikannya waktu yang lebih singkat pada lawan bicara untuk mengerti, meresapi dan memproses apa yang Anda katakan.

Seperti dimuat oleh Daily Mail, kecepatan Anda berbicara memberikan kesempatan untuk anda mendominasi perbincangan tersebut dan sangat memungkinkan keinginan atau kemauan Anda dituruti.

Teknik kecepatan berbicara sangat penting untuk membuat seseorang mengikuti permintaan anda.

Sementara, jika seseorang menyetujui Anda dalam sebuah argumen, berbicaralah dengan kecepatan yang lebih rendah. Dengan begitu, Anda akan memberikannya kesempatan untuk memahami pesan yang keluar dari mulut Anda.

Baca Situasi

Meminta sesuatu pada seseorang ketika mood-nya sedang kurang baik akan berakibat fatal. Maka dari itu, sangat disarankan untuk anda membaca situasi terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu anda perhatikan adalah kondisi fisik orang tersebut, apakah sedang sakit atau sehat, kemudian kondisi mentalnya, sedang tertekan atau tidak dan juga kondisi hatinya, apakah sedang terluka atau kasmaran.

Membaca situasi dan suasana hati seseorang sangat penting dalam upaya membuatnya setuju atas apa yang ands inginkan.

Hal-hal tersebut memang terkesan sepele, namun sangat berpengaruh terhadap keputusan yang akan mereka ambil.

Kondisi terbaik untuk membuat mereka setuju dengan permintaan Anda adalah ketika mereka sedang pada titik terlemah mereka. Kalau seseorang sedang lelah, mereka akan terpaksa untuk menjawab ‘ya’ karena tidak mau terbebani lebih lanjut.

Kondisi senang biasanya juga berpotensi baik, namun terkadang pada posisi ini kebanyakan dari mereka berpikir dengan sangat jernih sehingga susah dimanipulasi untuk dibuat setuju dengan permintaan Anda.

Kondisi yang sangat tidak disarankan adalah ketika mereka sedang marah. Kondisi ini sebetulnya tidak cocok untuk diajak berkomunikasi karena apapun yang ditawarkan kepadanya akan dianggap negatif atau sebuah ancaman.

3 dari 3 halaman

Mata-mata hingga Penguasaan Materi

‘Mata-mata’

Sejumlah peneliti di University of California, Berkeley, California, AS telah menemukan cara untuk memanipulasi psikis seseorang seolah mereka sedang diawasi oleh orang lain. Caranya adalah dengan menaruh gambar atau ilustrasi mata di sekeliling ruangan.

Gambar mata secara tidak langsung membuat mereka berpikir seakan gerak-gerik mereka dimonitor.

iIlustrasi gambar mata.

Teknik ini sangat berguna ketika Anda sedang berusaha membuat seseorang jujur. Adanya gambar mata di dinding atau di mana pun mata orang tersebut memandang akan membuatnya merasa tersudut dan terpaksa harus berbicara jujur sesuai dengan permintaan Anda.

Deteksi Kelemahan Lawan

Seseorang yang mempunyai jiwa penakut pada umumnya lebih gampang dikendalikan. Rasa ketakutan yang begitu tinggi akan membuat mereka lebah rintan untuk menyetujui sesuatu karena mereka menganggap jawaban sebaliknya akan berakibat buruk.

Menakut-nakuti lawan bicara anda penting dalam upaya untuk mebuatnya setuju dengan permintaan anda.

Untuk tipe orang penakut, yang anda harus lakukan agar mereka menuruti permintaan Anda adalah menjabarkan konsekuensi negatif yang ada apabila mereka menolak untuk mengikutinya.

Betul atau tidaknya konsekuensi yang ada tidak penting bagi mereka, karena mereka akan cenderung menganggap apapun itu sebagai ancaman dan mereka tidak akan mau mempertaruhkannya demi keselamatan mereka.

'Pemenang' bukan 'Pecundang'

Ketika Anda ingin meyakinkan seseorang bahwa pilihan yang mereka ambil adalah yang terbaik, maka Anda harus berusaha keras untuk menunjukan bahwa mereka mendapatkan lebih dari keputusan itu, bukan kehilangan.

Mereka juga harus dibuat seolah mereka adalah penerima bukan pemberi.

Ilustrasi seorang pemenang memegang piala.

Contohnya, ketika anda ingin seseorang mengambil keputusan untuk membeli sebuah barang atau memilih kandidat calon presiden tertentu, utamakan penjelasan akan keuntungan yang mereka akan dapat dari pembuatan keputusan tersebut.

Saat orang tersebut menghitung-hitung kelebihan dan kekurangan dari keputusan tersebut. Pastikan dirinya mengakhirinya dengan lebih banyak perbicangan terkait keuntungan yang ia akan dapat.

Untuk trik ini, faktor komunikasi dan kemampuan persuasi memegang peranan penting dalam upaya mempengaruhi pikiran orang tersebut.

Kuasai Materi Perbincangan

Cara terbaik untuk membuat seseorang melakukan hal sesuai dengan kemauan Anda adalah untuk menguasai materi yang menjadi topik utama perbincangan anda.

Tanpa pengetahuan dasar akan subyek yang anda diskusikan, orang lain tidak akan mengetahui apa yang anda inginkan. Hasilnya, keinginan anda pun tinggal keinginan yang takkan terwujud dengan sendirinya.

Sebelum mendiskusikan sesuatu dengan seseorang, utamakan penguasaan materi untuk topik pembicaraan anda terlebih dahulu.

Untuk itu, tidak ada salahnya anda selalu mempelajari terlebih dahulu hal apa yang anda ingin orang lain lakukan dan juga mengasah keterampilan anda dalam berkomunikasi, sehingga nantinya anda bisa membuat orang lain terkesima.

Contohnya, ketika anda menawarkan seseorang suatu barang, pelajari asal muasal, guna, keuntungan, popularitasnya, keterkaitannya dengan hal lain dan masih faktor lainnya terlebih dahulu.

Ini memang teknik yang sudah mendasar dari dulu, namun banyak orang masih menyepelekannya dengan hanya menguasai materi sebagian besar saja namun tidak sepenuhnya.

Alhasil, kebanyakan dari orang gagal membuat orang tertarik dan terkesima dengan apa yang anda tawarkan karena anda terjebak tak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut yang kemungkinan besar lebih rumit dan butuh pengetahuan lebih lanjut untuk dijawab.