Sukses

Kain Batik Istimewa, Hadiah Indonesia untuk Ratu Elizabeth

Pemberian lukisan dan kain batik untuk Ratu Elizabeth ini patut menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ketenaran batik asal Indonesia terus merambah dunia internasional. Kali ini, kain khas Tanah Air ini rencananya akan diberikan kepada Kepala Negara Inggris Raya Ratu Elizabeth II.

Penyerahan kain serta lukisan batik dilaksanakan pada hari ini, Selasa (31/5/2016) di Istana Buckingham. Direncanakan batik-batik tersebut akan diserahkan kepada Ratu Elizabeth II oleh pendiri Yayasan Batik Indonesia, Dipo Alam dalam rangka Ulang Tahun Ratu Inggris ke-90.

Dipo mengatakan, pemberian lukisan dan kain ini patut menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Sebab, batik untuk Ratu Elizabeth didesain khusus.

"Saya akan menyerahkan batik tulis halus, kombinasi dari batik tradisional motif Sawunggalih yang merupakan simbol kemuliaan dan kejayaan dengan ornamen kerajaan Britania Raya," jelas Dipo dalam keterangan Pers KBRI London kepada Liputan6.com, selasa (31/5/2016).

Sama seperti batik, lukisan yang akan diberikan kepada Ratu Elizabeth II juga memperlihatkan percampuran budaya Indonesia-Inggris.

"Lukisan ini membayangkan Sri Ratu Elizabeth II mengenakan pakaian Batik Indonesia yang memiliki kombinasi dari simbol Sawunggalih, sebuah lencana kerajaan yang mewakili kemuliaan, dengan hamparan sawah sebagai latar belakang," kata Dipo Alam.

Melalui hadiah-hadiah ini, Dipo berharap Ratu Elizabeth II dan masyarakat Inggris akan mengenal batik Indonesia. Tidak cuma itu, dia yakin ke depannya ketertarikan masyarakat Inggris untuk mempelajari batik akan lebih baik.

Ratu Elizabeth II diketahui pernah melakukan lawatan ke Indonesia. Kunjungan tersebut berlangsung 18 Maret 1974. Ratu menginjakkan kaki di Indonesia dengan berlayar bermasa Royal Yacht Britania. Di Tanah Air, dirinya mengunjungi Bali dan Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini