Sukses

Bentrok Pendukung Vs Penentang Donald Trump, 35 Orang Ditangkap

Kampanye Donald Trump kembali diwarnai bentrok. Kali ini, rusuh terjadi di San Diego, California.

Liputan6.com, San Diego - Pendukung dan penentang kandidat calon presiden dari Partai Republik Donald Trump terlibat bentrok di  Kota San Diego, California. Kericuhan diwarnai saling lembar batu dan botol bekas air mineral.

Polisi menyatakan, kerumunan di luar gedung pertemuan, di mana Trump berkampanye, sebagai tindakan melanggar hukum. Aparat menangkap 35 orang di antaranya.

 


Kerusuhan terjadi pascakampanye, di mana pendukung dan penentang Trump bertemu di jalan, mencemooh dan mengejek satu sama lain.

Puluhan polisi anti huru hara dikerahkan untuk memisahkan dua kubu. Sementara itu, sejumlah demonstran memanjat dinding dan melembar botol ke arah aparat.

Setelah membubarkan massa, polisi mengarahkan orang-orang ke Gaslamp Quarter. Sejauh ini tak ada laporan tentang kerusakan properti atau korban.

Polisi menangkap 35 orang terkait kerusuhan dalam kampanye Donald Trump (Reuters)


Trump berada di San Diego, yang terletak di dekat perbatasan Meksiko, untuk mengadakan kampanye jelang pemilihan pendahuluan (primary) di California pada 7 Juni 2016 mendatang.

Miliarder nyentrik itu berkali-kali menyerukan gagasannya untuk membangun tembok perbatasan, untuk mencegah imigran gelap memasuki Amerika Serikat.

 

Sikap kontroversial Donald Trump dianggap sebagai ancaman (Reuters)


Sekitar sepertiga populasi San Diego adalah warga Latin. Setiap harinya ratusan ribu orang berusaha menyeberang ke perbatasan AS dengan Meksiko.

"Saya menentang kebencian, fanatisme, bahasa rasis  Donald Trump. Juga dan arogansi dan intoleransinya," kata salah satu demonstran, Martha McPhail, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (28/5/2016).

"Saya membela semua manusia -- semua ras, jenis kelamin, gender, veteran militer -- dan dia ingin memecah belah semuanya."

Namun, pendukung Trump punya pendapat lain. "Ayahku selalu berkata, kita butuh seorang pebisnis di kursi presiden. Saya suka kebijakan Trump," kata dia.  

Rusuh terjadi dalam kampanye Donald Trump di San Diego (Reuters)


Sementara itu, Donald Trump mengomentari kerusuhan tersebut.

"Kerja yang fantastis dalam menangani para preman yang mencoba mengganggu kampanye damai dan dihadiri banyak orang," kata dia.

Trump berkampanye tanpa lawan di California, setelah rival-rivalnya di Partai Republik memilih mundur.

Mantan raja kasino itu telah mencapai jumlah delegasi yang disyaratkan untuk mengamankan nominasinya. Namun, statusnya sebagai capres Partai Republik belum diformalkan.

Sementara, persaingan masih berlangsung di kubu Partai Demokrat antara Bernie Sanders dan Hillary Clinton.

Sebelumnya, Trump menepis tantangan debat dengan kandidat Demokrat Bernie Sanders. Ia berdalih menunggu pemenang antara Sanders dan Clinton.

"Apa yang kau takutkan," demikian respons Sanders yang menyebut Donald Trump sebagai 'bully'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini