Sukses

Berkecepatan Tinggi, Benda Misterius Tabrak Planet Ini

Seorang pengamat bintang sempat merekam sebuah obyek yang diduga asteroid atau komet menabrak Jupiter dengan kecepatan tinggi.

Liputan6.com, Wina - Sebuah obyek misterius menabrak Jupiter pada minggu lalu. Peristiwa tersebut sempat diabadikan oleh pengamat bintang asal Austria, Gerrit Kernbauer.

Dalam video yang diberi nama 'strange light spot' atau titik cahaya aneh, terlihat benda kosmik menghantam planet Jupiter.

Di bagian keterangan video, ia menulis, "Penjelasanku satu-satunya adalah sebuah asteroid atau komet terbakar di atmosfer Jupiter dengan cepat."

Sebelumnya pada Juli 1994, sebuah komet berukuran besar menghantam permukaan planet tersebut dalam kecepatan 215.000 kilometer per jam.

Apa yang dilihat oleh Kernbauer minggu lalu diperkuat dengan temuan pencinta angkasa luar lain asal Irlandia, John McKeon.

Seperti yang dikutip dari news.com.au pada Rabu (30/3/2016), McKeon dapat merekam peristiwa tersebut dengan menggunakan teleskop 28 sentimeter.

Menanggapi video yang diunggahnya tersebut, seseorang berkomentar, "Kamu berhasil merekam salah satu bagian dari sejarah angkasa luar. Selamat!"

Sementara itu, seorang astronom yang mengelola blog Bad Astronomy, Phil Plait, menduga bahwa benda angkasa luar memiliki lebar 10 meter.

Ia juga berkata, walaupun benda tersebut tak memiliki ukuran besar, hantamannya dapat mengakibatkan dampak yang besar bagi Jupiter karena benda itu bergerak sangat kencang.

"Obyek tersebut akan menabrak Jupiter dengan kecepatan lima kali lebih besar dari kecepatan jika benda itu menabrak Bumi, jadi dampak energinya 25 kali lebih tinggi," tulis Phil Plait.

"Satu hal telah jelas. Ledakan tersebut menyebabkan letusan yang sangat, sangat besar," tambahnya.

Berikut adalah video yang berhasil merekam benda yang diduga asteroid atau komet menabrak Jupiter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.