Sukses

Perilaku Memalukan Turis China di Thailand

Liputan6.com, Chiang Mai - Perilaku turis asal China belum lama ini mendapat kritikan setelah rekaman mereka berebutan mengambil udang goreng dengan menyendok menggunakan piring di sebuah hotel di Chiang Mai, Thailand, beredar di dunia maya. Padahal sejumlah makanan yang diambil itu tidak habis mereka makan.

Sejak diunggah, rekaman yang beredar melalui media sosial China, Weibo tersebut telah mendapatkan perhatian media. Melalui rekaman yang berdurasi 38 detik itu memperlihatkan para turis berdesakan mengambil makanan dengan membawa sejumlah piring penuh dengan udang goreng.

Dilansir Shanghaiist, Minggu (20/3/2016), sebagian besar makanan yang diambil para wisatawan tidak dimakan. Hal itu pun berujung pada kritikan pedas netizen terhadap mereka yang rakus.

Video tersebut melalui akun Facebook Shanghaiist hingga kini telah disaksikan oleh lebih dari 2 juta netizen dengan komentar yang hampor mencapai 9.000.

Sebagian besar mengungkapkan kejijikkan mereka terhadap para turis, dan membagikan kisah-kisah negatif mereka sendiri terkait wisawatan China.

Ssebagian besar makanan yang diambil oleh para wisatawan tidak dimakan. (shanghaiist)

Sementara mereka yang berasal dari China mengatakan betapa 'liar' sikap kelompok itu.

Akun Facebook  Jian Jiang asal Fujian mengatakan, "Aku tidak bisa memutuskan siapa yang lebih liar, mereka yang mengisi piring dengan udang seperti tidak ada hari esok, atau wanita yang membawa tiga piring," ungkap akun Facebook Jian Jiang asal Fujian.

Meskipun begitu, ada sebagian orang menanggapi sisi positif dari kejadian itu.

Pengguna Facebook, Paradee Jee asal Thailand mengatakan, sebelumnya kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan juga sering terjadi di Thailand, tapi menutunya hal itu terjadi karena perbedaan budaya. Dalam komentarnya ia juga berharap bahwa kedua pihak bisa memaklumi. 

Melalui media sosial China, Weibo, netizen mengatakan:

"Apa-apaan ini? Apa kalian belum pernah makan udang? Bisa kalian tidak membuat malu di negeri orang?" tulis akun zx11xz1974.

"Apa benar mereka orang China bukan Jepang?" tulis netizen lainnya, berkaitan dengan sikap turis Jepang yang diduga sebagai warga China dalam insiden lainnya di Thailand.

Simak para turis China mengambil makanan di sebuah bufet hotel di Chang Mai, Thailand: