Sukses

Sumber Air Meluap, Kota Jadi Mirip Negeri Dongeng

Karena persediaan air bawah tanah bocor, air yang meluar membuat kota ditutupi bekuan es yang memberi pemandangan tak biasa.

Liputan6.com, Scranton - Perumahan di Scranton, Pennsylvania ini terlihat mirip dengan kota fiktif Arendelle dari film animasi Frozen. Namun, bukan Elsa yang membuat kota jadi penuh lapisan es, melainkan retaknya persediaan air bawah tanah.

Pada 11 Februari 2016, penyimpanan air bawah tanah bocor dan luapannya membanjiri daerah sekitar. Ditambah dengan suhu cuaca yang di bawah nol, kota jadi dipenuhi bekuan air yang menetes, menghasilkan pemandangan yang tak biasa, seakan-akan es tersebut dipahat sebagai hiasan unik.

"Saya melihat ke luar jendela, dan ada seperti arus air yang beku, dan bekuannya padat," lapor salah satu penduduk, Nicole Tassie, dikutip Huffington Post.

Dengan seluruh daerah ditutupi es, pemandangan jadi terlihat seperti berasal dari dunia dongeng. (Facebook/The Scranton Times-Tribune)

Pemandangan yang dihasilkan memang indah, namun, sesungguhnya, situasi bocornya persediaan air bisa membahayakan.

"Saya hanya khawatir ada yang terpeleset dan terluka, atau kejatuhan es beku yang menggantung," ungkap seorang pemilik rumah, Oscar Velez.

Dilaporkan lebih dari 24 orang harus meninggalkan rumah, karena bocoran air yang menggenangi ruang bawah tanah mereka, menyebabkan alat pemanas rusak.

Sementara itu, Red Cross juga telah mendirikan tempat pengungsian bagi keluarga yang menjadi korban dekat lokasi.

Belum pasti apa yang menjadi penyebabnya, namun pada sore keesokan harinya, beberapa penduduk sudah bisa kembali ke rumah mereka masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.