Sukses

PM Hungaria Bakal Bawa Rombongan Menteri Kabinetnya ke Indonesia

Dubes Hungaria untuk RI beberkan rencana PM-nya selama 3 hari di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan kedatangan tamu penting. Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban direncanakan melakukan kunjungan kenegaraan ke Tanah Air.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, Judith Nemeth-Pach. Rencananya, Orban akan menginjakkan kakinya di Jakarta pada Minggu 31 Januari 2016.

"Hal besar akan datang bagi Indonesia dan Hungaria saya sangat bangga menyampaikan bahwa Perdana Menteri kami Victor Orban akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia," kata Judith di Balai Kartini, Jakarta,  Selasa (26/1/2016).

Rencananya, Kepala Pemerintahan Hungaria akan berada di Indonesia selama 3 hari. Segala macam hal yang terkait peguatan hubungan bilateral Hungaria dan Indonesia, akan dibicarakan Orban dan Jokowi.

Kedatangan Orban ke Indonesia, disambut baik Judith. Dia menyatakan dengan datangnya Orban maka kedepannya hubungan Hungaria dan Indonesia akan memasuki fase baru. Yaitu fase di mana hubungan Indonesia dan negaranya lebih kuat dari yang pernah ada sebelumnya.

Judith menyebut, kunjungan Orban nanti akan begitu spesial. Karena, setengah menteri kabinet Hungaria akan diboyong ke Indonesia.

"Bukan cuma PM, tapi dia akan membawa sejumlah menteri kabinetnya yaitu 5 Menteri," jelasnya.

Kabinet yang dipimpin Orban diketahui hanya terdiri dari 10 orang Menteri. Menteri yang dibawa ke Indonesia, kata Judith, adalah Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Peter Szijjarto, Menteri Agrikultur Sandor Fazekas, Menteri Ekonomi Nasional Mihaly Varga, Menteri Pembangunan Nasional Miklos Sesztak dan Menteri Negara Pendidikan Tinggi Laszlo Palkovics.

Di Jakarta, 8 nota kesepahaman (MoU) siap ditandatangani kedua pihak. 2 di antaranya antar pemerintah dan sisanya antar komunitas bisnis RI-Hungaria.

MoU antar pemerintah yang akan ditandatangani adalah bidang perikanan, pembudidayaan air tawar dan pendidikan tinggi yang akan diimplementasikan pada 2016, 2017 dan 2018.

Hubungan bilateral RI-Hongaria terjalin sejak 1957. Selain Hongaria memiliki Kedutaan Besar di Jakarta, Indonesia pun telah mendirikan Kedutaan Besarnya di Budapest.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini