Sukses

Gali Minyak di Laut China Selatan, Tiongkok Diprotes Vietnam

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Hai Binh menyebut tindakan China tersebut tak bersahabat.

Liputan6.com, Hanoi - Laut China Selatan kembali memanas. Hal itu dipicu oleh tindakan Tiongkok yang memindahkan aktivitas pengeboran minyak lepas pantai ke perairan yang kerap kali menjadi konflik berbagai negara. 

Tindakan China itu mendapat protes dari Vietnam. Kedua negara tersebut diketahui kerap berselisih soal Laut China Selatan.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Hai Binh menyebut tindakan China tersebut tak bersahabat. Negeri Paman Ho pun telah menyampaikan protes dan kekhawatirannya kepada Beijing.

"Vietnam meminta China untuk tidak melakukan aktivitas pengeboran minyak dan menarik alat pengebor minyak Hai Duong 981 dari area ini," kata Le, seperti dikutip dari New York Times, Rabu (20/1/2016).

"Semua hak hukum dan kepentingan di daerah tersebut harus sesuai dengan hukum internasional yang berlaku," sebut dia.

Keberadaan aktivitas Tiongkok melakukan pengeboran minyak di perairan Laut China Selatan sudah sejak lama jadi pusat perselisihan antar kedua negara.

Kejadian serupa pernah terjadi pada 2014. Saat itu China melakukan aktivitas pengeboran minyak dekat dengan pantai utama Vietnam.

Hal tersebut menyulut kemarahan dan pemerintah dan warga Vietnam. Unjuk rasa berdarah anti-China di Hanoi tak terelakan lagi terjadi.

2 bulan setelah insiden tersebut China memutuskan menghentikan aktivitasnya itu. Namun, karena kejadian itu, hubungan bilateral kedua negara berada di titik terendah sepanjang sejarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laut China Selatan atau Laut Natuna Utara adalah laut tepi, bagian dari Samudra Pasifik.

    Laut China Selatan

  • Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975

    vietnam

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China