Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Penampakan 'Iblis' Tatap Janin dalam Foto USG Gegerkan Dunia Maya

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto ultrasonografi atau USG 'mengerikan' menyebar di dunia maya.

Foto tersebut, yang diposting secara anonim di Imgur telah dilihat lebih dari sejuta kali, hanya dalam waktu 2 hari. Menjadi objek tebak-tebakan para netizen.

Apa yang membuatnya menjadi menarik?

Seperti USG pada umumnya, foto tersebut menunjukkan janin, yang berusia 8-10 minggu di dalam rahim ibu. Bukan calon jabang bayi itu yang dipersoalkan, melainkan penampakan wajah mengerikan yang ada di sebelahnya, yang sekan-akan sedang menatap ke arahnya.

"Foto ultrasonografi milik seorang teman. Saat Anda melihatnya...," kata pengunggah, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (4/1/2016). Foto bertanggal 26 Juni 2015 itu diposting beberapa hari lalu.



'Figur' yang terlihat di sisi kanan foto seakan memiliki wajah menyeramkan dengan mata lebar, hidung besar, mulut menyeringai, dan bentuk mirip tanduk mencuat dari kepalanya.

Salah satu pengguna Imgur, JosePhINCH mengatakan, "Ada iblis di sebelah janin itu," kata dia, seperti dikutip dari Imgur.

Ada juga pengguna yang mengaku melihat dua penampakan makhluk di bagian kanan janin.

Penampakan iblis dalam foto USG ini mungkin dampak dari efek pareidolia (Imgur)


Sementara, Subtlemrs punya pendapat lain. "Aku melihat sosok putri duyung yang bersahabat. Sementara lainnya mengaku melihat iblis. Kita memang orang-orang aneh," kata dia.

Spekulasi lain pun bermunculan dalam 131 komentar yang dibubuhkan di laman Imgur. Ada yang menduga itu penampakan sosok dewi Hindu, peralatan medis, malaikat pelindung si bayi, akibat si janin pipis, hingga Wonderwoman.

 

Obyek misterius dalam foto USG menjadi objek tebak-tebakan para netizen (Imgur)



Sementara yang lain sibuk mengajukan pendapat masing-masing, Luigivampa-over9000 muncul memberikan penjelasan. "Segalanya berjalan baik. Bayi tersebut telah lahir, 2 bulan prematur," kata dia.

Ia menambahkan, orangtua bayi bertanya pada teknisi USG, apa gerangan penampakan tersebut. Tapi, tak ada jawaban. "Mereka mengaku belum pernah mengalami hal tersebut sebelumnya. Apapun, banyak cerita menarik muncul dari foto tersebut."

Apa yang diduga penampakan dalam foto USG tak hanya kali itu terjadi. Misalnya pada 2015 lalu, seorang perempuan Inggris, Rebecca Melia yakin, melihat penampakan wajah ibunya dalam foto USG janin anak lelaki yang sedang dikandungnya. Baca selengkapnya di tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Penjelasan Ilmiahnya



Pareidolia?

Mungkin saja apa yang disaksikan dalam foto USG menghebohkan di Imgur atau lainnya adalah akibat dari efek pareidolia, -- fenomena psikologis yang cenderung mengenali bentuk akrab dalam gambar acak atau samar.

Seperti ketika manusia menatap ke arah Bulan yang bersinar di langit malam. Ada yang mengira melihat bayangan nenek atau kelinci.

Fenomena bulan purnama yang terjadi Minggu malam (13/07/14) merupakan   salah satu peristiwa astronomi yang dinanti (REUTERS / Carlo Allegri).



Orang Tiongkok berpendapat, hewan bertelinga panjang itu sedang menumbuk, membuat ramuan keabadian bagi Dewi Bulan atau Chang'e.

Versi Jepang beda lagi, kelinci itu sedang membuat mochi.

Pareidolia juga meramaikan foto-foto pengamatan, atau yang dikirim robot penjelajah (rover) dari Mars. Ada gambar yang seakan menampilkan wajah-wajah manusia, kepiting, gajah, hingga belulang di Planet Merah.

Penampakan wajah di Mars

Belum ada satupun terkonfirmasi kebenarannya. Yang jelas, temuan air di Mars memberi peluang terhadap spekulasi, mungkin ada kehidupan alien di planet tetangga terdekat Bumi itu.

Loading