Sukses

Panda Merah Hilang, Kebun Binatang dan 'Fans' Kelimpungan

Masala si panda merah hilang dari kebun binatang. Bukan hanya petugas kebun binatang yang khawatir, namun juga para 'fans'-nya.

Liputan6.com, New York - Seekor panda merah yang masih muda menjadi kesayangan di kebun binatang California Utara, Masala namanya. Si panda merah itu masih berusia 17 bulan.

Namun, Masala menghilang pada Kamis sore. Pihak kebun binatang pun meminta para pegawainya sekaligus pada 'fans' Masala untuk melakukan pencarian.

Dewan kebun binatang menuliskan dalam pernyataan bahwa Masala telah kabur dari kebun binatang Sequoia Park di Eureka, California, 

Pada Sabtu pagi, kebun binatang belum melaporkan apakah si panda sudah ditemukan, dan melanjutkan pencarian.

"Jika bicara tentang kemungkinan terburuk, itu tidak akan boleh terjadi," ungkap manajer kebun binatang Gretchen Ziegler dikutip NY Daily News, Minggu (22/11/2015).

Seekor panda merah menghilang dari kebun binatang. (foto: NY Daily News)

Ziegler tidak yakin bagaimana hewan berbulu ini mampu kabur dari kandangnya, yang dipagari dan tertutup, sebelumnya belum pernah diterobos. Ditambah lagi, panda merah bukan hewan yang jago melompat.

Pegawai kebun binatang mengira si panda lari ke Sequoia Park, yang terhubung dengan kebun binatang.

"Ia mungkin gugup penghadapi berbagai hal baru," tambah Ziegler.

Beberapa volunteer dan agensi diikutsertakan dalam pencarian Masala. Kebun binatang juga mencari cara paling terkini dalam pencarian: mengandalkan media sosial.

"Dicari panda merah betina, dengan ukuran kurang lebih sebesar kucing rumah ukuran besar," begitu kurang lebih bunyi pengumuman.

Netizen seketika terpikat oleh di panda merah menggemaskan, beramai-ramai men-tweet dilengkapi tagar #bringmasalahome untuk menyebarkan berita.

Kebun binatang mengandalkan media sosial untuk pencarian Masala. (foto: Twitter/northcoastgreg)

Penduduk diajak menghubungi dewan resmo kebun binatang, namun perlu menghindari makhluk liar.

Hewan mamalia itu terakhir dilaporkan terlihat di pinggiran lapangan golf, pada Jumat pagi.

"Kami sungguh khawatir akan keamanannya," ungkap Ziegler.

Petugas kebun binatang khawatir Masala ditabrak mobil saat mencari makanan. Si panda lahir di kebun binatang pada Juli 2014, dan menurut kebun binatang, tak pernah lepas dari penangkaran.

Panda merah adalah hewan dilindungi. Menurut World Wildlife Fund (WWF), tinggal 10.000 ekor panda merah tersisa di dunia.

Misi pencarian Masala dibubarkan pada Jumat malam, namun berlanjut pada hari Sabtu, dengan pencarian besar-besaran selama dua jam pada jam 8:00.

Ada banyak tempat yang perlu dijelajahi, dan ia kemungkinan ketakutan, kebun binatang menulis di laman Facebook mereka. (Ikr/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini