Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Misteri Tulisan Kuno di Permukaan Mars, Bukti Alien?

Liputan6.com, Jakarta - Semakin bertambah bukti yang membuat orang percaya akan kehidupan lain di planet Mars. Seperti foto dari NASA yang menunjukkan tulisan di batu dan tampilan yang mirip dengan patung dan bekas bangunan.

Dilaporkan dari Express.co.uk yang dikutip Selasa (20/10/2015), gambar-gambar yang diambil oleh Curiousity Rover tersebut mengantarkan para periset alien dan penggila teori konspirasi menganggapnya bukti bahwa benar adanya peradaban kuno di Mars.

Seperti layaknya di bumi. Bahkan, dipercaya, para penduduk Mars juga berevolusi.

Penampakan yang disebut-sebut sebagai ukiran huruf kuno. (foto: NASA)

Namun, kaum skeptis menyanggahnya. Gambar-gambar tersebut dianggap hanyalah bentuk tekstur batu yang kebetulan mirip.

Menurut mereka, orang-orang kerap tertipu penglihatannya. Merasa melihat objek yang mereka kenali, seperti gambar atau wajah, namun sesungguhnya objek yang berbeda. Fenomena ini disebut pareidolia, di mana pikiran mengintrepretasikan apa yang dilihat mata sebagai sesuatu yang dikenal.

Ditambah lagi, dengan teknologi manipulasi gambar yang sudah maju. Periset sepertinya sengaja membuat 'tulisan' lebih jelas, untuk menekankan penemuan mereka.

Salah satu netizen mengunggah video ke UFOSightings daily setelah melihat gambar itu dan berkomentar: "Jika Anda membesarkan gambar asli, Anda akan melihat kotak-kotak yang menyerupai hieroglif (tulisan Mesir kuno). Namun sesungguhnya hanyalah kotak-kotak pixel pecah."

UFO? (foto: NASA)

"Kelihatannya, kotak-kotak itu sengaja dibuat, garis luarnya di gambar, untuk membuatnya kelihatan seperti tulisan hieroglif. Saya membaca artikel mengenai foto-foto ini. Saat diambil dari versi asli dan diformat dalam jpeg (format penyimpanan gambar), terlihat seperti demikian."

Dalam kata lain, 'tulisan' sengaja diperjelas untuk menciptakan perspektif yang spesifik.

Reruntuhan bangunan? (foto: NASA)

Tulisan hanyalah satu dari berbagai anomali yang baru-baru ini ditemukan di planet Mars. Ditemukan juga objek yang menyerupai patung, fosil, dan bahkan pemburu UFO mengklaim ditemukannya alien sungguhan.

Sedangkan bersama penemuan 'tulisan kuno', ditunjukkan juga objek yang mirip dengan patung suku Maya, dan bahkan bangunan runtuh dan piring terbang.

Patung suku Maya? (foto: NASA)

Scott C Waring, editor UFOsightings daily menuliskan dalam situs: "Ukirannya sangat mirip dengan ukiran bangsa Mesir kuno."

"Ini penemuan yang monumental, satu yang arkeologis dari seluruh dunia harus lihat lebih jelas."

"Bahasa tertulis dari planet lain, ini bukti terakhir yang akan mengungkapkan kenyataan. Ini yang harus kita telusuri lebih dalam."

Sedangkan menurut NASA, walau telah ditemukan air di Mars, persyaratan untuk adanya kehidupan lebih dari itu. Tidak ada bukti lain kehidupan di planet Mars. (Ikr/Tnt)

Loading