Sukses

Supermodel Ini Minta Penerbangan Israel Ditutup Saat Ia Menikah

Supermodel 30 tahun paling terkenal di Israel itu menikahi pebisnis miliarder Israel Adi Ezra di resor Carmel Forest dekat Haifa.

Liputan6.com, Yerussalem - Supermodel Israel Bar Refaeli meminta penutupan kawasan udara di atas lokasi pernikahannya. Permintaan tersebut memicu perdebatan antara menteri transportasi dengan otoritas penerbangan sipil (Civil Aviation Authority, CAA).

Sejauh ini, otoritas penerbangan sipil sudah menyetujui penutupan ruang udara di atas hotel di Israel utara.

Namun Menteri Perhubungan Yisrael Katz kemudian mengancam untuk memecat pimpinan otoritas penerbangan sipil, jika dia tak membatalkan keputusan tersebut.

Pada akhirnya, ruang udara tetap terbuka untuk semua aktivitas lalu lintas udara pada pernikahan yang berlangsung Kamis 24 September, demikian menurut media Israel seperti dikutip dari BBC, Sabtu (26/9/2015).

Media-media Israel lainnya melaporkan, bahwa zona larangan terbang tetap berlaku.

Supermodel 30 tahun paling terkenal di Israel itu menikahi pebisnis miliarder Israel Adi Ezra di resor Carmel Forest dekat Haifa.

Menurut salah satu laporan media Israel, pasangan tersebut berencana untuk menerbangkan 5 pesawat tanpa awak, dua helikopter, dan balon observasi mengelilingi kawasan tersebut. Sebagian untuk keperluan mengambil foto.

Otoritas penerbangan sipil awalnya menyetujui permintaan larangan terbang dari pasangan tersebut dengan alasan keamanan.

Namun Menteri Katz membatalkan keputusan tersebut pada Minggu 20 September. "Ruang udara adalah milik semua warga Israel dan kami tak bisa memberikan pengecualian buat acara ini," ucapnya.

Pilot-pilot Israel juga memprotes larangan terbang tersebut.

Dua hari kemudian, menurut media Israel, otoritas penerbangan sipil mengabaikan komentar Katz dan mengumumkan zona larangan terbang atas alasan keamanan dari jam 17.00 waktu setempat pada Kamis 24 September hingga Jumat 25 September pukul 02.00.

Katz kemudian mengaecam pimpinan otoritas penerbangan sipil Joel Feldschuh. "Jika ruang udara di atas pernikahan Bar Refaeli tak dibuka, Anda akan kehilangan jabatan."

Pada Kamis malam, menteri perhubungan mengatakan pada The Jerusalem Post bahwa langit tetap terbuka untuk semua lalu lintas udara.

Times of Israel melaporkan, rabbi menerbangkan helikopter untuk upacara tersebut.

Forbes Israel mencatatkan nama Refaeli sebagai model peringkat atas di negaranya, dengan pendapatan hampir 10 juta poundsterling pada tahun 2013. Ketika itu ia muncul dalam iklan Super Bowl. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini