Sukses

Ketika Senjata Ditembakkan dalam Air, Apa yang Terjadi?

Tidak seperti keadaan di udara bebas, lintasan peluru di dalam air mengalami perlambatan yang lebih besar.

Liputan6.com, Austin Kemajuan teknologi memungkinkan manusia mempelajari peristiwa penembakan senjata api di dalam air. Pasangan Gavin Free (Gav) dan Daniel Gruchy (Dan) yang terkenal dengan sebutan ‘The Slow Mo Guys’ melakukan uji coba menembakkan senjata api laras pendek di dalam kolam renang.

Mereka kemudian merekam kejadian itu menggunakan kamera sangat cepat untuk menjelaskan kejadian letusan senjata api itu hingga lintasan pelurunya setelah melesat keluar dari laras senjata. Pasangan itu menggunakan kamera Phantom V1610 berkecepatan sangat tinggi hingga 27.450 bingkai per detik. Mereka kemudian menayangkan rekaman peristiwanya hingga ribuan kali lebih lambat.

Rincian peristiwa itu terlihat lebih jelas bagi pemirsa awam. Pasangan itu mencoba penembakan ini pada pistol semi otomatis dan pistol revolver. Dalam dua percobaan itu, terlihat gelembung-gelembung kecil gas ketika mesiu terbakar dan menghasilkan gas dan uap air di sekitar letusan. Kemudian, lintasan peluru terlihat mengalami perlambatan pada dua jenis senjata itu.

Tidak seperti keadaan di udara bebas, lintasan peluru di dalam air mengalami perlambatan yang lebih besar karena kepadatan air yang jauh lebih besar daripada kepadatan udara. Kepadatan itu menyerap energi kinetik pelurunya sehingga kehilangan kecepatannya seperti dilihat tayangan ini, Minggu (21/6/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini