Sukses

Gara-gara Diet Berlebihan, Pria Ini Punya 420 Batu Ginjal

Ratusan batu ginjal dikeluarkan sang dokter dalam 2 jam operasi.

Liputan6.com, Dongyang- Diet yang salah malah bisa menyebabkan tubuh menjadi sakit. Setidaknya ini yang dialami oleh seorang pria asal China bernama He.

Akibat diet terlalu berlebihan dengan mengonsumsi tahu secara berlebihan dan hanya sedikit minum air putih, He menderita penyakit batu ginjal.

Seperti Liputan6.com kutip dari BBC, Rabu (10/6/2015), 420 batu ginjal dikeluarkan dari tubuh He selama 2 vjam operasi.

"Produk kedelai, khususnya tahu, memang tinggi kalsium. Namun tidak semua kalsium ini bisa diserap usus jika tidak disertai minum yang banyak," kata Dokter Wei Yubin, di Rumah Sakit Dongyang, bagian timur Provinsi Zhejiang, China.

He memutuskan memeriksakan dirinya ke dokter karena merasakan sakit di bagian perut. Dokter pun memutuskan agar He diperiksa dengan CT scan.

Barulah diketahui, ginjal He penuh dengan batu. Bila He menunda memeriksakan diri, maka akibatnya akan lebih parah. Kemungkinan besar ginjalnya harus diangkat.

Meski demikian, kasus yang menimpa He tidak sebanding dengan pasien penderita batu ginjal pada 2009 lalu. Dokter di India mengeluarkan 172.155 batu dari ginjal kiri seorang pasien. Batu-batu itu dikeluarkan dalam operasi selama 3 jam dan masuk Guinness World Records. (Alv/Sss)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.