Sukses

Pria di China Ini Beli Mobil dengan 4 Ton Koin

Tumpukan ratusan ribu koin tersebut membutuhkan tempat lebih 4 meter di ruang pamer mobil.

Liputan6.com, Baijing - Seorang pria di China membayar mobil barunya menggunakan 660.000 koin dan 20.000 lembar uang kertas pecahan kecil.

Pembeli mobil, yang diidentifikasikan sebagai Gan, menyerahkan koin-koinnya dalam jumlah besar kepada penjual mobil di dekat kota Shenyang, seperti dilaporkan televisi Liaoshen Evening News yang dilansir BBC, Minggu (7/6/2015).

Setiap koin dan lembaran uang kertas itu masing-masing bernilai 1 Yuan atau sekitar Rp 2.159, dan total berat koin-koin tersebut mencapai sekitar 4 ton. Tumpukan ratusan ribu koin tersebut membutuhkan tempat lebih 4 meter di ruang pamer mobil.

Gan menjelaskan, dia membayar mobil secara tunai karena dia mengumpulkan koin-koin pecahan kecil dalam jumlah yang sangat besar, yang didapat dari SPBU tempat dia bekerja. Jika dirupiahkan mobil tersebut seharga Rp 1,4 miliar.

"SPBU kami terletak di pinggiran kota, dan di sana hanya terdapat beberapa bank. Jadi kami tidak mendepositokan koin, dan memutuskan menggunakannya untuk membeli mobil perusahaan kami," kata dia.

Gan sebelumnya telah memperingatkan para staf perusahaan penjual mobil, mengenai metode pembayaran dia yang tidak lazim, dan uang tunai itu dikemas dalam beberapa paket kecil.

Petugas di ruang pamer mobil butuh waktu lebih dari 1 jam untuk mengangkut seluruh uang koin tersebut ke dalam kantor mereka. Kemudian, para staf perusahaan mobil itu mengangkut tumpukan ratusan ribu koin kembali untuk membawanya ke bank. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini