Sukses

Wow, Pulau Ini Memuai Pesat dalam 15 Bulan

Suatu pulau vulkanik di lepas pantai Jepang mengalami perkembangan pesat.

Liputan6.com, Nishinoshima - Suatu pulau vulkanik di lepas pantai Jepang mengalami perkembangan pesat. Dalam 15 bulan belakangan, Pulau Nishinoshima telah menjadi 11 kali lebih besar dari ukurannya semula.

"Perkembangan dimulai pada November 2013, ketika pulau baru bernama Niijima muncul di dekat Nishinoshima karena suatu erupsi vulkanik. Kemudian Niijima menyatu dengan Nishinoshima dan terus berkembang," tulis volcano.si.edu yang dikutip, Jumat (22/5/2015).

Menurut Badan Penjaga Pantai Jepang (Mizuho), gunung berapi bawah laut itu masih sangat aktif. Dalam suatu pengintaian udara baru-baru ini, ada asap seringgi 1.200 meter membubung dari mulut gunung berapi itu, disertai dengan semburan batu-batu vulkanik. Lelehan batu vulkanik terus menambah luas pulau itu.

Menurut Global Volcanism Program di Smithsonian Institution, sebelum ini belum ada catatan letusan atau kegiatan gunung berapi yang serius di sana. Pada 23 Februari 2015, Nishinoshima telah berkembang menjadi 2,45 kilometer persegi dan terus berkembang ke arah timur.

Ingin melihat bagaimana Pulau Nishinoshima 'memuai'? Simak video di bawah ini. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini