Sukses

Pemain Basket Kondang Terbang Melayang 18 Meter

Suatu video lawas menayangkan bagaimana seorang pemain basket kondang dibuat terbang melayang oleh seorang pesulap.

Liputan6.com, Las Vegas Suatu video lawas menayangkan bagaimana seorang pemain basket kondang dibuat terbang melayang oleh seorang pesulap. Video yang aslinya merupakan bagian dari program ‘Believe’ yang diunggah oleh Spike itu tidak dapat ditonton langsung secara daring (online) di Indonesia.

Namun demikian, dari sejumlah pengguna YouTube lain semisal akun milik VH1, didapatkan tayangan ketika pesulap Criss Angel melakukan sulap terhadap pemain basket Shaquille O'Neal. Pemain basket itu terbang melayang hingga suatu ketinggian lebih dari 18 meter dari permukaan tanah di sekitar rumah pemain basket itu di Las Vegas di negara bagian Nevada.

Pada awalnya, sulap itu cukup mencengangkan karena pemain basket itu berbadan besar dengan tinggi sekitar 216 cm dan berat sekitar 168 kilogram. Namun demikian, tayangan yang sukar dipercaya ini malah mengundang suara-suara sumbang dari sejumlah pihak.

Dalam tayangan ini, VH1 menduga adanya penggunaan menara derek. Sementara itu, sejumlah penelitian tayangan bertebaran di dunia maya dan menyampaikan kemungkinan pemasangan kawat baja yang dipakai untuk menggotong Shaquille O'Neal dengan helikopter yang tidak ditampakkan dalam kamera.

Sebuah tulisan di Chicago Reader bahkan menyebut aksi sulap itu sebagai tindakan pesulap yang kehabisan teknik sulap. Dari sejumlah sumber lain, terkait dengan atraksi lain oleh Criss Angel yang terbang melayang di atas suatu piramida bercahaya, pengguna YouTube dengan akun Juan Fernando Peña menyampaikan analisanya sendiri.

Analisa itu mengarah kepada penggunaan kawat baja yang tipis sebagai kemungkinan cara pengangkatan sejumlah benda berat oleh pesulap tersebut. Analisa itu menggunakan simulasi 3 dimensi menggunakan komputer dengan menyertakan faktor-faktor yang meniru keadaan pengangkatan benda berat sebenarnya.

Menurut analisa tersebut, kabel baja yang digunakan memiliki garis tengah 0,062 mm. Seutas kawat baja ini mampu menahan hingga 226 kilogram. Kawat jenis ini tidak memiliki lapisan plastik. Dalam pertunjukkan sejenis ini, kawat baja itu diwarnai dengan warna gelap supaya tidak tampak dari jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini