Sukses

Indonesia Dirikan Rumah Sakit Lapangan untuk Korban Gempa Nepal

Rumah Sakit Lapangan pemerintah Indonesia menyiapkan 7 dokter untuk bantu para korban gempa Nepal.

Liputan6.com, Kathmandu - Indonesia mendirikan Rumah Sakit Lapangan di wilayah Nepal, tepatnya di Desa Satunggal, Kathmandu. Pendirian tersebut setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Nepal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (7/5/2015), dengan dibantu warga Nepal, tim kemanusiaan Indonesia yang terdiri dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama TNI mendirikan tenda. Tenda itu nantinya akan dipakai sebagai ruang perawatan dan tempat operasi bagi para korban gempa Nepal.

"Rumah Sakit Lapangan ini sebenarnya untuk operasi dengan kapasitas 15 tempat tidur. Kita membawa dokter spesialis ortopedi 2 orang, kemudian bedah umum 1 orang, kemudian anastesi 2 orang, kemudian untuk umum 2 orang," ucap Kepala RS Darurat di Kathmandu Letnan Kolonel Ali Mudin.

Rumah Sakit Lapangan pemerintah Indonesia juga menyiapkan 6 perawat dari Indonesia. Sejumlah perawat dari Rumah Sakit Kantipur di Nepal juga akan membantu mengoperasikan rumah sakit itu. (Vra/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.