Sukses

2 Orang Tewas di Muka Konferensi Kartun Nabi di AS

Kepolisian Dallas masih mencari mobil para pelaku. Kendaraan tersebut diduga kuat membawa bom.

Liputan6.com, Dallas - Dua orang pria bersenjata ditembak pihak keamanan Amerika Serikat di depan lokasi konferensi kartun Nabi Muhamad di Amerika Serikat (AS). Penembakan tersebut menyebabkan kedua orang tersebut tewas.

Polisi bertindak karena kedua pria itu melepas tembakan ke arah lokasi acara di Curtis Culwell Center, Dallas. Akibat perbuatan mereka, seorang penjaga keamanan mengalami luka.

Pascapenembakan polisi langsung memasang garis polisi (police line) di Curtis Culwell Center. Mereka juga mengevakuasi seluruh pengunjung.

Tidak hanya itu, Kepolisian Dallas masih mencari mobil pelaku. Sebab, kendaraan tersebut diduga kuat membawa bom.

Polisi juga menyelidiki informasi terkait dua pria bersenjata di Curtis Culwell Center. Termasuk menguak motif di balik serangan tersebut.

"(Karena investigasi masih berjalan), jadi belum jelas apakah penembakan terkait acara tersebut atau tidak," kata Juru Bicara Kepolisian Garland, Joe Harn, seperti dikutip dari BBC, Senin (4/5/2015).

Menurut seorang Jurnalis BBC, Alastair Leithead, acara di Dallas ini memang kontroversial. Juga provokatif dan dapat melukai perasaan umat Muslim.

Bagi umat Muslim penggambaran sosok Nabi Muhamad merupakan tindakan yang terlarang.

Beberapa penggambaran kartun Nabi menuai protes besar serta aksi kekerasan. Termasuk ketika kejadian unjuk rasa protes kartun Nabi pada tahun 2006 di Denmark serta tewasnya 12 kartunis majalah satir Prancis, Charlie Hebdo Januari 2015 ini. (Ger/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini