Sukses

Tebak, Ini Wajah Albert Einstein Atau Marilyn Monroe?

Dunia maya sempat dihebohkan dengan tebak-tebakan warna gaun. Kini tebakan serupa muncul, Einstein atau Marilyn Monroe?

Liputan6.com, Jakarta - Dunia maya sempat dihebohkan dengan tebak-tebakan warna baju yang diunggah oleh Caitlin McNeill  di jejaring Tumblr, biru-hitam atau putih-emas?. Tagar #TheDress pun sempat jadi trending topic dunia di Twitter.

Kini, tebak-tebakan serupa muncul. Para blogger ASAP Science menyajikan sebuah ilusi optik untuk menguji ketajaman mata seserang.

Ilusi optik itu berupa foto. Anda harus menebaknya, apakah itu gambar wajah Albert Einstein sang ilmuwan atau bintang lawas nan seksi Marlyn Monroe?

Dalam video yang diunggah para blogger, dijelaskan secara detil terkait fenomena tersebut,

Tim dari ASAP Science menjelaskan, seseorang yang memiliki penglihatan baik, akan melihat wajah Albert Einstein ketika memandang foto itu dari jarak dekat.

"Efeknya bisa dilihat siapapun jika jarak dan ukuran gambar diubah," demikian penjelasan dalam video, seperti Liputan6.com kutip dari News.com.au, Jumat (3/4/2015).

"Jika dilihat pada jarak relatif jauh, maka wajah Marilyn Monroe yang akan terlihat. Sebab, mata kita hanya akan melihat garis yang lebih tegas dari sebuah gambar dari kejauhan. Namun, ketika Anda mendekati gambar tersebut, yang tertangkap adalah detil yang lebih halus dari wajah Einstein."

Kembali ke gaun yang bikin heboh, sejumlah ilmuwan kemudian muncul untuk menengahi beda pendapat soal warna.

 

72% responden mengaku melihat gaun itu berwarna putih-emas. 28% meyakini melihatnya sebagai warna biru-hitam.

Ini salah satunya: berdasarkan teori yang dikemukakan Jay Neitz, peneliti visi warna di University of Washington, lensa mata seseorang berubah seiring dengan bertambahnya umur. Manusia menjadi kurang sensitif terhadap warna biru di usia tua. Ini bisa sedikit memberi penjelasan mengapa netizen yang lebih tua menganggap gaun tersebut berwarna putih dan emas.

Selain itu, menurut dia, warna yang dipengaruhi lampu atau cahaya juga bisa berubah. Seperti misalnya, mobil merah kelihatan seperti mobil putih karena orang yang melihatnya tersilaukan lampu rem yang berwarna merah. (Ein/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini