Sukses

MITOS URBAN: Perburuan Keris Gaib di Yogyakarta (Edisi Full)

Keris yang lama terkubur itu konon memiliki kekuatan gaib. Keris bisa diambil jika memenuhi persyaratan yang diminta sang penjaga gaib.

Keris dikenal sebagai senjata khas tanah Jawa. Di era kerajaan, seperti Mataram, hampir semua raja dan pasukannya menggunakan senjata itu untuk berperang melawan musuh. Seiring pergantian jaman, banyak keris yang terkubur lantaran banyak peristiwa bencana yang meluluhlantakkan seluruh isi kerajaan. Nilai sejarah dan bentuknya yang cukup artistik membuat Wiyoto, salah satu kolektor keris mengoleksi puluhan keris kuno. Dalam video pertama Wiyoto mengatakan jika keris kuno menandakan bahwa kehidupan di jaman kerajaan telah mengenal teknologi. Hal itu bisa dilihat dari cara pembuat keris (empu) dalam membuat lekukan keris. 

Keris yang lama terkubur itu konon memiliki kekuatan gaib. Keris yang terpendam dalam tanah tidak hanya terkubur oleh tanah semata. Konon ribuan makhluk gaib akan mendekati keris itu dan menjaga bahkan akan mendiami keris yang juga memiliki pamor yang berbeda. Dalam video kedua, praktisi supranatural, Sungkono menuturkan jika keris kuno yang terkubur itu bisa dimunculkan dengan kekuatan gaib. Ia pun bercerita tentang tempat-tempat yang biasanya banyak terdapat keris kuno dan juga benda-benda mustika lainnya.

Untuk membuktikan, Tim Mitos Urban mencoba mengikuti proses penarikan keris ke makam Haryo Panular dan Nyi Ageng Probolinggo. Di salah satu makam keramat yang berada di Yogyakarta itu, terlihat jelas proses penarikan keris dan benda mustika secara gaib. Video ketiga membuktikan jika penarikan keris dengan bantuan gaib ternyata bisa dilakukan. Dua buah keris Mataram Baru tiba-tiba muncul secara gaib. Sulit dipercaya memang. Namun demikian, semua itu tergantung kehendak Tuhan. Jika memang dikehendaki, dengan usaha dan doa, apa yang kita inginkan niscaya akan terkabul.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.