Sukses

Kebakaran Semak Terburuk di Australia, Ratusan Petugas Dikerahkan

Lebih 800 petugas kebakaran bekerja mengatasi kebakaran yang telah terjadi selama beberapa hari di perbukitan sekitar Kota Adelaide.

Liputan6.com, Adelaide - Lebih 30 rumah dikhawatirkan rusak di Australia Selatan, sementara petugas melanjutkan usaha mengatasi kebakaran semak yang di luar kendali. Lebih 800 petugas kebakaran bekerja untuk mengatasi kebakaran yang telah terjadi selama beberapa hari di perbukitan sekitar Kota Adelaide.

Para pejabat mengatakan kebakaran ini adalah yang terburuk di wilayah tersebut sejak kebakaran semak Ash Wednesday di tahun 1983 yang menewaskan 75 orang. Cuaca yang dingin dapat membantu petugas pemadam kebakaran mengatasi api yang dihembuskan angin keras dan suhu tinggi.

Tetapi Menteri Besar Negara Bagian Australia Selatan, Jay Weatherill, mengatakan keadaan masih kritis.

"Kami belum berhasil mengatasi keadaan darurat ini. Sejumlah rumah terancam, terdapat penduduk di jalur terdepan api saat ini. Ini adalah keadaan yang sangat serius," ujar dia seperti dikutip BBC, Senin (5/1/2015).

Dia menambahkan 12 rumah dipastikan rusak di Adelaide Hills, 20 rumah lainnya kemungkinan juga hancur. Sejumlah laporan menyebutkan lebih 11.000 hektar lahan terbakar.

22 Orang, sebagian besar petugas pemadam kebakaran, juga dikhawatirkan cedera ringan. Kebakaran hutan atau semak sudah beberapa kali melanda kawasan Australia. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini