Sukses

Gempa Dangkal Renggut Nyawa dan Hancurkan Bangunan di Pakistan

Gempa dirasakan kuat setidaknya selama 1 menit pada pukul 03.55 waktu setempat. Meski tak seberapa besar, lindu menghancurkan bangunan bata.

Liputan6.com, Nawabshah - Serangkaian gempa mengguncang Kota Nawabshah, Provinsi Sindh, Pakistan, Jumat (9/5/2014). Salah satunya berkekuatan 4,6 skala Richter (SR). Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut, lindu relatif dangkal di kedalaman 15,4 kilometer.

Meski tak seberapa besar, dampak gempa tak main-main. Setidaknya 2 orang tewas dan 70 lainnya cedera. Atap dari beberapa bangunan runtuh dan keadaan darurat diumumkan

Seperti dilaporkan BBC, Bumi juga dirasakan berguncang di sejumlah kota kecil di dekatnya, termasuk Sakrand, Daur, Daulat Pur, dan Bandhi.

September lalu sebuah gempa dahsyat membunuh lebih dari 300 orang di provinsi Balochistan yang terpencil di barat daya Pakistan.
 
Sementara dilaporkan Pakistan Tribune, gempa dirasakan kuat setidaknya selama 1 menit pada pukul 03.55 waktu setempat. Guncangan membikin orang-orang panik dan berlarian ke luar rumah sambil membaca ayat-ayat Alquran.

Menurut Badan Meteorologi Pakistan, lindu berkekuatan 4,3 SR dan berpusat 27 kilometer timur laut Nawabshah, di kedalaman 15 km. Diikuti serangkaian gempa susulan.

Menyusul terjadinya gempa, seluruh sekolah ditutup hari ini. Ujian yang dijadwalkan hari ini juga ditunda.

Sementara itu di Meksiko, gempa berkekuatan besar 6,4 SR mengguncang pada Kamis 8 Mei 2014 waktu setempat. Akibatnya sejumlah bangunan rusak. Jembatan 30 meter pun runtuh

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa terjadi di sebelah selatan Negara Bagian Guerrero. Pusat gempa berada di titik 15 km sebelah utara Tecpan de Galeana.

Saat gempa mengguncang, para karyawan di sejumlah gedung Ibukota panik dan berlarian ke luar kantor. Jalanan penuh sesak oleh warga yang ketakutan. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.