Sukses

Puluhan Ribu Warga Hongkong Membaca Kitab Tao

Liputan6.com, Hongkong: Membaca buku bersama-sama di perpustakaan yang tenang dan sunyi sudah biasa. Tapi pengalaman membaca buku bersama sepuluh ribu orang dengan suara keras tentunya lain rasanya.

Seperti yang dilakoni puluhan ribu warga Hongkong, Cina, di sebuah stadion, belum lama ini. Meski membaca berbarengan, konsentrasi mereka tidak terganggu suara bising.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Komunikasi Budaya dan Agama Cina. Mereka membaca beramai-ramai dengan tujuan memecahkan Guinness World of Record dan mempromosikan Taoisme di Cina. Di sana para peserta membaca satu bahan yang sama yaitu Kitab Klasik Tao, yakni Dao De Jing (Tao Te Ching).

Kitab Dao De Jing ditulis oleh Lao Zi atau Lao Tse lebih dari 2.000 tahun silam. Kitab tersebut adalah kitab filsafat klasik Cina terpenting dan telah diterjemahkan ke 30 negara dan dicetak berulang-ulang.

Kendati Dae Do Jing kitab tua, namun masyarakat Cina dari beragam usia profesi antusias ikut serta dalam Forum Internasional Dae Do Jing tersebut. Mereka bersemangat membaca dengan suara lantang.(AIS)