Sukses

Israel Menggunakan Bom Sebar di Lebanon

Israel terbukti menggunakan bom cluster atau bom sebar di atas permukiman penduduk di Lebanon. Aksi biadab itu dilakukan di saat-saat akhir menjelang pemberlakuan gencatan senjata.

Liputan6.com, New York: Beberapa hari menjelang pemberlakuan gencatan senjata, Israel menjatuhkan ratusan bom cluster atau bom sebar di wilayah permukiman penduduk Lebanon. Sekitar 90 persen di antaranya diluncurkan 72 jam sebelum konflik berakhir. Demikian terungkap dalam laporan Kepala Bidang Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa Jan Egeland di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat, Kamis (31/1).

Jan Egeland menilai aksi Israel itu benar-benar tak bermoral. Kedua pihak yang bertikai yakni Israel maupun Hizbullah sama-sama mengetahui PBB tengah menggodok resolusi damai. Namun, Israel malah memanfaatkan waktu sekitar tiga hari itu untuk menghujani sejumlah kawasan Lebanon dengan senjata mematikan yakni bom cluster. PBB yang meninjau ke Lebanon menemukan jejak bom sebar atau curah di 359 titik di sejumlah kawasan yang menjadi sasaran serangan Israel.

Egeland juga mendesak AS itu untuk memperingatkan Israel karena bom cluster yang digunakan adalah buatan AS. Untuk diketahui, bom cluster atau bom sebar memencarkan bom-bom kecil ke segala penjuru saat menyentuh sasaran. Bom-bom mini itu dapat menghancurkan tubuh manusia hingga tank. Hukum internasional melarang penggunaan senjata jenis ini di wilayah sipil.(TOZ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini