Sukses

Festival Film Cannes Dibuka

Sebanyak 22 film dari seluruh dunia berkompetisi memperebutkan Palme d`Or pada Festival Film Cannes ke-54 tahun ini. Nicole Kidman bersaing lewat Moulin Rouge.

Liputan6.com, Cannes: Moulin Rouge menjadi film pembuka Festival Film Cannes ke-54, di Cannes, Prancis, yang berlangsung mulai Rabu (9/5) malam. Aktris asal Australia Nicole Kidman dan aktor Ewan McGregor beradu akting dalam film kisah percintaan berseting saat menjelang berakhirnya abad ke-20. Film yang disutradarai Baz Luhrmann dan dikemas secara apik serta diperkaya berbagai aneka lagu pop masa kini itu mengantarkan mantan istri aktor Tom Cruise ikut dinominasikan dalam festival film tahun ini.

Karpet merah yang digelar di pelataran depan lokasi tempat berlangsungnya penganugerahan film telah disiapkan dengan rapi sejak sepekan silam. Kehadiran para tamu, khususnya kalangan aktor dan aktris Hollywood serta mancanegara sudah dinanti. Festival film yang berlangsung selama dua pekan dan akan dibuka aktris Inggris, Charlotte Rampling itu diharapkan menarik minat sebanyak 40 ribu penonton yang hadir di Kota Cannes.

Sebenarnya, para selebritis Hollywood sejak Rabu (9/5) pagi sudah berdatangan ke Cannes. Selain Kidman, sutradara spesialis film bertemakan sejarah Francis Ford Coppola, aktris berdarah Asia peraih Oscar lewat film Crouching Tiger Hidden Dragon Michelle Yeoh, dan aktris Prancis Julia Ormond, juga terlihat sebagai tamu yang hadir lebih awal di gedung festival. Sejumlah nama tersohor di dunia layar lebar juga akan menghadiri festival yang akan berakhir pada 20 Mei itu. Di antaranya Catherine Deneuve, Antonio Banderas, Gerard Depardieu, John Malkovich, Melanie Griffith, model dan aktris Perancis Laetitia Casta.

Sebanyak 22 film dari seluruh dunia berkompetisi memperebutkan penghargaan prestisius Palme d`Or --atau Golden Palm Award tahun ini, termasuk film produksi dari Jepang dan Iran. Penyelenggara menyebutkan, ke-22 film yang bersaing tahun ini bertemakan kesepian, kekerasan, melankolis, dan kenestapaan. Untuk menentukan karya film terbaik versi Festival Cannes tahun ini, sepuluh orang dewan juri akan diketuai aktris dan sutradara asal Norwegia Liv Ullman. Dalam jajaran dewan juri juga tercantum nama Terry Gilliam, aktris Charlotte Gainbourg, dan Sandrine Kinderlin.(COK/Jsi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.