Sukses

Kekeringan Meluas di Jateng

Tercatat, 54.609 hektare lahan pertanian di berbagai kabupaten di sana kekurangan air. Untuk menghindari kerugian lebih besar, mayoritas petani memanen padinya sebelum waktunya. Akibatnya, perolehan padi minim.

Liputan6.com, Rembang: Kekeringan meluas di Provinsi Jawa Tengah. Tercatat, 54.609 hektare lahan pertanian di berbagai kabupaten kekurangan air. Kini, sedikitnya 3.491 hektare tanaman padi gagal panen atau puso. Untuk menghindari kerugian lebih besar, mayoritas petani memanen padinya sebelum waktunya. Akibatnya, perolehan padi sangat minim.

Wilayah di Jateng yang terserang kekeringan antara lain Kabupaten Rembang, Wonogiri, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo. Meski area kekeringan cukup luas, kondisi ini belum menganggu stok pangan di Jateng. Sebab, sejak Januari hingga Juli, Jateng surplus padi sebanyak satu 1.900.000.

Sebelumnya kekeringan melanda Kabupaten Tegal, Jateng [baca: Delapan Desa di Tegal Memanfaatkan Air Sungai]. Warga delapan desa di sana harus menempuh perjalanan satu kilometer untuk mengambil air di Sungai Derma Suci.(AWD/Teguh Hadi Prayitno dan Kukuh Ariwibowo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.