Sukses

Pembicaraan Nuklir Korut Menemui Jalan Buntu

Wakil Menlu Cina menyebutkan kegagalan pembicaraan itu karena AS terus mendesak Korut menghentikan programnya. Pyongyang bersedia menghapuskan program nuklir bila AS memberi jaminan keamanan.

Liputan6.com, Beijing: Pembicaraan enam negara di Beijing, Cina, yang membahas penghentian program nuklir Korea Utara berakhir tanpa sepakat. Ketua Delegasi Korut, Kim Kye Gwan, baru-baru ini, mengatakan, tidak menemukan hasil yang positif dalam pertemuan tersebut. Sedangkan Wakil Menteri Luar Negeri Cina, Wang Yi menyebutkan kegagalan pembicaraan itu karena Amerika Serikat terus mendesak Korut menghentikan programnya.

Negeri Paman Sam akan menghapuskan embargo bila program nuklir itu sungguh-sungguh ditiadakan sampai tuntas. Pyongyang bersedia melakukan itu bila AS memberi pertolongan dan jaminan keamanan kepada mereka. Hingga kini AS belum meyakini pernyataan itu karena pihak intelijennya menemukan informasi yang membuktikan keberlanjutan program nuklir Korut.(COK/Dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.