Sukses

Penting, Ini Serba-serbi Kulit Kering yang Harus Diketahui

Ketahui serba -serbi tentang kulit kering di sini, apa Anda juga pemilik kulit kering?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda salah satu pemilik kulit kering? Jika iya, mungkin salah satu tantangan yang setiap hari Anda hadapi adalah bagaimana membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik, benar?

Namun, tahukah Anda apa penyebab dari kulit kering itu sebenarnya? Udara dingin menahan lebih sedikit kelembapan, sehingga penurunan suhu bisa menjadi salah satu faktor penyebab kulit kering.

Sabun bisa menjadi penyebab lainnya. Dilansir dari realsimple.com, Senin (17/9/2018), busa yang membersihkan kulit juga dapat mengelupas kulit menjadi kering.

Sebagian karena surfaktan kimia yang menghilangkan kotoran, tapi juga minyak kulit. Penyebab kulit kering lainnya yang paling populer adalah mandi air panas, jagalah suhu air mandi Anda tetap hangat dan sebisa mungkin tidak berinteraksi dengan air lebih dari 10 menit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Formula yang harus Anda perhatikan untuk mengatasi kulit kering

Dua formula yang harus Anda perhatikan sebagai pemilik kulit kering adalah humektan yang dapat menarik air ke dalam kulit dan emolien yang dapat memerangkap air. Kulit yang terasa ketat adalah gejala kulit kering yang normal.

Namun jika disertai kemerahan, pembengkakan, rasa gatal berlebihan, dan pengerasan pada kulit, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter kulit. Ini bisa jadi alergi atau sesuatu yang lebih parah, seperti eksim.

Bagaimana cara mencegah kulit kering? Anda harus memulainya dengan pengelupasan yang lembut.

3 dari 3 halaman

Cara mencegah kulit menjadi kering

Pengelupasan yang tepat dapat membuat pelembap menembus ke dalam kulit dan melakukan tugasnya. Lakukan pengelupasan sekali dalam seminggu dengan produk yang mengandung asam laktat.

Asam laktat dapat melarutkan sel-sel kulit mati dan bertindak sebagai humektan. Jangan menggunakan produk yang bertekstur tajam, karena bisa terlalu abrasif untuk kulit Anda.

Kebalikan dengan tips yang paling sering Anda dengar untuk menggunakan produk kecantikan segera ketika kulit masih terasa basah, seharusnya produk digunakan ketika kulit sudah hampir benar-benar kering. Hal ini dilakukan agar formula produk yang digunakan tidak ikut mencair.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.