Sukses

Atasi Permasalahan Kulit Wajah dengan Puasa Produk Perawatan Kecantikan

Tidak hanya tubuh saja, kulit wajah pun bisa alami stres. Setelah mengetahui tandanya,--langkah berikutnya, cari tahu cara mengatasinya.

Jakarta Beragam permasalahan kulit kecantikan wajah kerap mengganggu kepercayaan diri. Apalagi untuk Anda yang sebelumnya  jarang menghadapi masalah seperti jerawat, tiba-tiba diserang oleh jerawat berukuran besar di area pipi.

Jerawat berkembang dari bentuk terkecil sampai terbesar menyerupai jerawat batu adalah hal yang paling menyebalkan. Jumlahnya memang tidak banyak, namun sangat mengganggu penampilan kecantikan wajah, apalagi bila Anda sudah mencoba beragam produk skincare harian pun namun masalah tetap saja muncul.

What should we do?

Fimela berkunjung ke sebuah klinik kecantikan bernaman “Skinthestic”. Berkonsultasi dengan dokter ahli, ini fakta kulit yang berhasil ditemukan.

Tekstur kulit?

Termasuk jenis kulit berminyak. Namun, cukup baik dan terkontrol. Elastisitas kulit seperti kekenyalan, kelembapan, cukup baik. Dokter bertanya, bagaimana dengan pemakaian skincare sehari-hari. Layering skincare dari cleanser, toner, serum, pelembap, sampai sunscreen terjaga dengan baik. Menjelaskan lebih detil, dokter menyimpulkan:

...mungkin kulit wajah sedang mengalami stres.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa penyebabnya?

Melihat kondisi kulit yang cukup sehat, ditambah dengan disiplin merawat dan melindungi kulit wajah, bisa jadi kulit sedang stress. Ini masalah kulit normal yang sering dialami oleh perempuan di negara tropis.

Sinar UV, debu, dan polusi pun turut menjadi penyebabnya. Intensitas matahari di negara kita, di tiap harinya tidak lah sama. Begitu juga dengan tingkat debu dan polusi, terlebih dari asap kendaraan dan asap rokok.

Faktor lainnya, lifestyle kita sehari-hari. Makanan dan minuman yang kita konsumsi pun turut mempengaruhi daya tahan kulit. Konsumsi makanan sehat, seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Dua jenis makanan itu sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Begitu juga dengan asupan air mineral. Minimal 8 gelas sehari, bukanlah statement pola hidup sehat semata, namun itu fakta dan berpengaruh besar untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Next, pola tidur. Perawatan wajah apapun yang kita gunakan tidak akan bekerja dengan baik jika pola tidur tidak teratur. Jika waktu tidur 8 jam/hari tidak dapat dipenuhi, minimal lakukan tidur selama 6 jam.

 

3 dari 3 halaman

Solusinya?

Jangan terburu-buru mengganti rangkaian produk perawatan kulit. Kulit wajah stres akibat debu dan polusi bisa diatasi dengan puasa skincare. Artinya, kulit tetap memerlukan asupan skincare. Hanya saja, tahapan skincare harus dikurangi.

Skincare apa saja yang dibutuhkan?

Pagi hari: Cleanser – toner – serum – eye cream - pelembap – sunscreen.

Malam hari: Double Cleansing – toner – serum – pelembap.

Catatan: pastikan semua skincare tidak mengandung scrub, yang berfungsi untuk eksfoliasi kulit. Juga tidak mengandung retinol yang berfungsi untuk meregenerasi sel kulit baru. Selama kulit mengalami stres, hindari skincare yang bersifat agresif, termasuk spot treatment.   

 

Penulis: Arisa M

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.