Sukses

6 Kesalahan Terpopuler Saat Menggunakan Lensa Kontak

Simak di sini beberapa hal yang harus Anda hindari saat menggunakan lensa kontak, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Pemakaian lensa kontak sebanding dengan kacamata, apakah Anda salah satunya? Lensa kontak memang memberikan penampilan yang lebih menarik dan membuat Anda lebih leluasa dalam beraktivitas, dariapada menggunakan kacamata.

Namun, masih banyak kesalahan yang dilakukan ketika seseorang menggunakan lensa kontak, seperti dilansir dari purewow.com. Penasaran apa saja?

1. Anda tidak mencuci tangan sebelum memakainya

Sangat penting untuk mencuci tangan sebelum Anda menyentuh lensa kontak, pastikan  tangan tidak kotor, termasuk kuku. Kotoran, minyak, dan bakteri dapat dengan mudah ditransfer dari tangan Anda ke lensa kontak.

2. Anda mengaplikasikan makeup terlebih dahulu

Untuk memastikan tidak ada noda maskara atau bubuk makeup lainnya yang tersangkut di bawah lensa kontak, gunakan lensa kontak terlebih dahulu, sebelum Anda mengaplikasikan makeup.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips menggunakan lensa kontak

3. Anda tidak merawat tempat lensa kontaknya

Sebagai permulaan, Anda juga harus merawat tempat lensa kontak yang digunakan, bilas bersih, dan biarkan tempatnya terbuka hingga benar-benar kering. Selain itu, penting untuk mengganti air rendaman lensa kontak setiap enam sampai delapan minggu untuk menghindari bakteri yang bersembunyi di sana.

4. Menggunakan lensa kontak saat mandi

Paparan air dan kelembapan yang terlalu lama dapat membuat lensa kontak membengkak. Selain terasa tidak nyaman, lensa kontak yang terlalu melekat dapat menggores kornea Anda, menyebabkan infeksi.

3 dari 3 halaman

Tips menggunakan lensa kontak

5. Menggunakan lensa kontak terlalu lama

Beberapa orang merasa nyaman untuk menggunakan lensa kontak hingga 14 jam. Aturan umumnya, Anda harus segera beralih menggunakan kacamata, begitu sampai di rumah.

Mata Anda juga membutuhkan oksigen agar dapat bekerja secara optimal. Setidaknya, pastikan Anda melepasnya sebelum tidur di malam hari.

6. Menggunakan lensa kontak melebihi tanggal kadaluwarsa

Anda harus benar-benar memperhatikan tanggal kadaluwarsa dari lensa kontak yang digunakan. Lensa kontak yang dpakai normal saja masih bisa terasa buram dan tidak nyaman ketika tergores atau terlapisi residu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.