Sukses

8 Jenis Perawatan Jerawat Ampuh yang Jarang Diketahui

Simak di sini beberapa jenis perawatan jerawat yang masih arang diketahui. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Jika sedang berjuang melawan jerawat, tenang, Anda tidak sendirian. Untuk mengatasi jerawat, Anda harus tahu apa yang menyebabkannya dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya.

Dilansir dari thelist.com, Senin (9/7/2018), berikut ini adalah beberapa jenis perawatan jerawat yang masih jarang diketahui. Penasaran apa saja?

1. Es batu

Es batu bisa membantu meminimalisir peradangan dan kemerahan saat Anda mengalami jerawat kistik. Jika terlalu dingin, bungkus es batu dengan handuk atau kain lap.

2. Hidrokortison

Untuk mengatasi bintik-bintik merah, aplikasikan sedikit krim hidrokortison. Krim ini biasanya dapat membantu mengatasi kulit kering, gatal, mengurangi kemerahan, dan iritasi.

3. Lotion calamine

Lotion dengan kandungan calamine dapat membantu meredakan kemerahan dan pembengkakan yang terjadi akibat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawatan jerawat yang masih jarang diketahui

4. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang luar biasa. Masker kunyit juga dapat mengatasi kemerahan dan kulit yang teriritasi.

5. Minyak teh

Minyak teh memiliki sifat mikroba dan antiseptik, dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ringan dan penyakit kulit. Minyak teh juga dapat membantu mengatasi masalah ketombe atau kulit kepala yang teriritasi.

Anda bisa menggunakan minyak teh sebagai toner atau spot treatment. Namun, hati-hati, karena jika berlebihan, dapat membuat kulit mengelupas.

6. Madu

Madu dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit yang teriritasi, terutama madu Manuka. Madu Manuka memiliki kadar pH cenderung asam yang dapat membantu proses penyembuhan.

3 dari 3 halaman

Perawatan jerawat yang masih jarang diketahui

7. Kulit pisang

Kulit pisang memiliki kandungan antioksidan dan potasium yang sangat membantu dalam penyembuhan jerawat. Cobalah menggosokan kulit pisang di area yang berjerawat untuk mengurangi kemerahan, bengkak, dan menyembuhkan lebih cepat.

8. Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal untuk mengatasi luka bakar, namun tahukah Anda bahwa lidah buaya juga dapat mengatasi jerawat? Lidah buaya dapat mengurangi kemerahan, peradangan, dan rasa gatal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.