Sukses

8 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Tabir Surya

Simak apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli lotion tabir surya di sini!

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang masih mengabaikan pentingnya menggunakan tabir surya. Ke manapun Anda akan pergi, Anda wajib mengenakan tabir surya, bahkan jika Anda di rumah sekalipun. Paparan sinar UV tidak hanya terjadi ketika Anda beraktivitas di luar ruangan. Di dalam ruangan pun kulit Anda masih berpotensi terkena sinar UV.

Untuk itu, betapa pentingnya Anda melindungi kulit dengan tabir surya. Sehingga kulit Anda tidak rusak akibar paparan sinar matahari. Beragam jenis tabir surya kini banyak dijual di pasaran. Seperti dikutip dari Boldsky pada Selasa (26/6/2018) Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membeli tabir surya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Periksa kandungan SPF

Ini menjadi salah satu hal yang paling penting dilakukan ketika hendak membeli tabir surya. Jumlah perlindungan tabir surya terhadap kulit diukur dengan SPF. Semakin banyak kandungan SPF-nya, maka lotion tabir surya tersebut semakin banyak. Untuk daerah yang begitu terik dengan matahari, disarankan untuk menggunakan SPF 30.

2. Tanggal pembuatan

Membeli produk jenis apapun, pastikan Anda memeriksa tanggal pembuatannya. Sama halnya dengan losion tabir surya. Pilih losion yang tanggal pembuatannya paling baru.

3. Merek

Tidak dapat dipungkiri bahwa merek juga mempengaruhi kualitas dari tabir surya. Untuk itu, lebih baik gunakan losion bermerek terkenal dan bukan produk murahan. Merek terkenal tidak harus mahal. Tetapkan anggaran agar Anda bisa memilih losion tabir surya yang sesuai dengan kantong.

4. Periksa bahan berbahaya

Produk jenis apapun yang berhubungan dengan kesehatan dan perawata kulit, sebaiknya Anda periksa apakah produk tersebut mengandung bahan berbahaya atau tidak. Jangan pilih tabir surya yang mengandung oxybenzone. Kandungan ini menjadi penggangu hormon dan menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

3 dari 3 halaman

5. Pilih krim daripada semprot atau bubuk

Saat membeli lotion tabir surya, pilihlah yang memiliki tekstur krim. Hal ini karena krim memiliki lapisan yang baik untuk kulit sehinngga mencegah matahari menembus permukaan kulit. Tekstru semprot ataupun bubuk akan mudah luntur jika terkena keringat.

6. Tahan air dan keringat

Pilih juga losion yang tahan air dan minyak. Karena jika tidak, losion tabir surya Anda akan luntur jika Anda berkeringat sedikit saja.

7. Ramah anak

Jangan dikira jika anak-anak tidak membutuhkan tabir surya. Anak-anak juga perlu mengenakan tabir surya. Untuk itu, pilih losion yang aman jika digunakan oleh anak-anak.

8. Bisa dikenakan untuk kulit berjerawat

Jika Anda pemilik kulit berjerawat, sebaiknya periksa setiap kandungan dalam tabir surya. Jangan sampai penggunaan tabir surya justru memicu timbulnya jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.