Sukses

Kelebihan Skin Care Berbahan Dasar Air, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Asupan air sangat penting bagi kesehatan yang optimal, termasuk bagi kesehatan kulit. Asupan air yang cukup dapat meningkatkan efektivitas dari perawatan kecantikan Anda secara signifikan. Beberapa ahli menyarankan agar Anda pemilik kulit kering, campuran, maupun kulit berminyak melakukan hidrasi dengan benar.

Kini semakin banyak produk kecantikan berbahan dasar air yang membuatnya lebih mudah memperbaiki jenis kulit kering dan mengelupas. Dokter ahli kulit dari New York City, Dr Melissa Levin memberikan pandangan terhadap cara kerja dan produk mana yang benar-benar memberikan manfaat.

2 dari 4 halaman

Apa itu skin care berbahan dasar air?

Produk perawatan kulit berbahan dasar air sebenarnya memiliki formula yang menggunakan air sebagai media untuk mengaplikasikan bahan perawatan. Produk berbahan dasar air mengandung lebih sedikit minyak, namun kaya akan ramuan hidrasi seperti asam hyaluronic dan gliserin. Air sendiri merupakan hidrator utama, ini berarti akan mendapatkan manfaat dari bahan aktif dan kelembaban maksimal yang dibutuhkan oleh kulit.

Jika Anda memiliki masalah kulit berminyak, Dr Levin menyarankan unutk menggunakan formulasi air. Karena sedikitnya kandungan minyak yang mampu menyumbat pori-pori.

3 dari 4 halaman

Bagaimana cara kerjanya?

Dr Levin menjelaskan bahwa produk dengan bahan dasar air tidak berarti produk yang dapat langsung menembus kulit. Penetrasi produk ini terhadap kulit bergantung pada sejumlah faktor yang berbeda.

Formula berbasis air ini menggunakan polimer modern yang memberikan konsentrasi bertekstur seperti jeli. Ini memungkinkan produk tersebut menahan lebih banyak air daripada yang ditemukan pada lotion atau krim. Dengan kata lain, persentasi air yang tinggi dalam produk dapat digunakan sebagai bejana untuk lebih mendistribusikan bahan aktif lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara menemukan

Salah satu cara mudah untuk menemukan produk berbasis air adalah tekstur. Jenis produk ini cenderung ringan dan mirip gel. Saat Anda menggosokkan ke dalam kulit, akan muncul larutan yang menjadi air dalam hitungan detik.

Tips lainnya adalah perhatikan konsentrasi asam pelembab hyaluronat yang besar. Pelembab gel biasanya mengandung asam hialuronat yang merupakan salah satu humektan paling kuat dan efektif yang menahan air dengan berat 1.000 kali.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketahui, Minum Air Tidak Harus 8 Gelas per Hari