Sukses

9 Kebiasaan Umum yang Tanpa Sadar Dapat Merusak Rambut

Liputan6.com, Jakarta Rambut menjadi mahkota bagi wanita. Namun ternyata tujuh dari 10 wanita mengalami gangguan terhadap kondisi rambut yang membuat penampilannya menjadi tidak menarik. Beragam faktor seperti polusi dan diet tidak sehat menjadi penyebab kerusakan pada batang rambut dan menyebabkan masalah lainnya. Dilansir dari Boldsky pada Jumat (9/2/2018) beberapa kebiasaan ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

1. Alat hair styling

Kebanyakan wanita kerap menggunakan alat penata rambut, seperti catokan secara rutin. Kebiasaan ini menyebabkan banyak kerusakan pada batang rambut dan menyebabkan masalah lainnya, seperti rambut pecah-pecah.

2. Mencabut ujung rambut

Mungkin Anda gemas melihat rambut yang bercabang sehingga membuat Anda berinisiatif mencabutnya. Dengan mencabut ujung rambut justru memperarah rambut yang bercabang. Karena bisa menyebabkan rambut lebih renggang dan merusaknya.

3. Menyisir rambut berlebihan

Menyisir rambut memang penting untuk merapikan rambut. Namun melakukannya secara berlebihan dapat menyebabkan poros rambut menjadi lemah dan muncul rambut pecah-pecah. Idealnya, Anda hanya cukup menyisir rambut dua kali sehari untuk memastikan rambut tetap rapi dan bebas dari kerusakan.

2 dari 3 halaman

4. Penggunaan produk kimia

Sejumlah produk kimia seperti serum, hairspray, dan hair mousse dapat menyebabkan kerusakan parah pada rambut. Rambut Anda akan lebih mudah rontok dengan ujungnya yang pecah-pecah.

5. Mencepol rambut sepanjang rambut

Cepol rambut atau sanggul sederhana menjadi gaya rambut yang dicintai. Namun penataan rambut dengan gaya ini yang terlalu lama ternyata dapat membuat rambut rusak. Cepol atau sanggul dapat melemahkan folikel rambut dan memiliki efek buruk pada pertumbuhan alami rambut.

6. Mencuci rambut terlalu sering

Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan rambut kekurangan kelembaban kulit kepala. Ini karena mencuci rambut dapat melepaskan rambut dari minyak alami. Idealnya mencuci rambut tidak lebih dari dua kali seminggu.

3 dari 3 halaman

7. Mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan stres pada daerah kulit kepala dan melemahkan helai rambut Anda. Pakar perawatan rambut menyarankan wanita untuk tidak mengikat rambutnya terlalu kencang karena bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

8. Menyisir rambut basah

Ini menjadi kebiasaan umum yang sering dilakukan dan menyebabkan kerusakan pada helai rambut. Rambut yang masih basah rentan pada kerusakan. Kondisi ini akan semakin memperparah kerontokan pada rambut.

9. Mencuci rambut dengan air panas

Ini adalah kebiasaan lain yang dapat merusak poros rambut Anda dan menyebabkan ujungnya bercabang. Air panas bisa melepaskan rambut dari minyak dan kelembaban alami. Sehingga rambut menjadi kering dan dehidrasi.