Sukses

Selain Stres, Ini Penyebab Jerawat Pada Orang Dewasa

Liputan6.com, Jakarta Jerawat umumnya adalah permasalahan kulit yang timbul saat remaja. Hal ini wajar karena perubahan hormon dari anak-anak menuju ke dewasa. Namun ketika sudah dewasa dan timbul permasalahan serupa, apa yang salah?

Dermatologis Dr Eddy Karta mengatakan, ada sejumlah pemicu orang dewasa masih mengalami permasalahan jerawat. Biasanya hal-hal itu berkaitan dengan gaya hidup.

Pemicu pertama adalah stres. Orang dewasa yang sering terpapar stres biasanya kadar minyak pada wajahnya meningkat. Peningkatan produksi minyak ini membuat wajah lebih mudah berjerawat.

"Minyak yang banyak tidak bisa keluar dari saluran kelenjar minyak yang kecil. Makanya ada penyumbatan, hasilnya bintik kecil komedo hingga sampai bernanah," kata Eddy dalam konferensi pers Pon's Acne Solution di Jakarta, Minggu (14/8/2016).

Selain itu, jam kerja yang panjang sehingga kurang istirahat juga dapat mempengaruhi timbulnya jerawat pada orang dewasa. Pemakaian ponsel yang terlalu sering, karena ponsel kotor dan tangan ikut memegang wajah selagi menggunakannya.

Makanan yang tinggi lemak, konsumsi produk susu, hingga makanan dengan kadar gula tinggi juga meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Ada pula faktor yang cukup penting dari tumbuhnya jerawat pada tubuh yakni malas membersihkan wajah.

"Jika sudah lelah, orang cenderung malas membersihkan wajah setelah beraktivitas. Padahal itu sangat mempengaruhi timbulnya jerawat," kata Eddy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.