Sukses

Pemilik Kulit Sawo Matang, Hindari 4 Kesalahan Makeup Ini

Kulit sawo matang dapat tampil cantik dengan teknik makeup yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Untuk jadi cantik memang tak harus berkulit putih, namun untuk wanita yang berkulit sawo matang dan gelap perlu ada kiat khusus agar tampil memesona. Berikut adalah beberapa kesalahan makeup yang kerap dilakukan serta kiat wajah khusus untuk wanita kulit sawo matang dan gelap seperti yang dilansir dari Allure.com.

1. Menggunakan foundation yang terlalu terang

Ini kesalahan yang kerap dilakukan oleh wanita dengan kulit sawo matang dan gelap. Jika foundation lebih terang dari kulit, maka warna kulit wajah dan tubuh Anda akan berbeda seolah Anda punya dua warna kulit! Makeup artist Ashunta Sheriff menyarankan Anda menggunakan foundation dalam warna yang sama persis dengan warna kulit. Jika sulit, maka gunakan foundation yang warnanya satu tingkat lebih terang dari warna kulit, lalu sesudahnya gunakan bronzer di wajah.

2. Menggunakan concealer yang terlalu terang
Jika Anda membuat kesalahan ini, hasil riasan bawah mata Anda akan terlihat beda warnanya di banding warna kulit wajah Anda. Makeup artist Lilit Caradanian menyarankan wanita berkulit sawo matang dan gelap untuk memilih concealer yang warnanya hangat, seperti warna peach kecoklatan atau coklat oranye, dan bukan warna beige muda. Sesudahnya, bubuhkan bedak tabur di atas concealer. Pilih dalam warna yang sedikit lebih terang dari warna concealer. Terakhir bubuhkan HD Powder di atasnya untuk menyamarkan garis kerutan.

3. Tidak membaurkan foundation ataupun bronzer
Banyak yang membuat kesalahan seperti lupa membaurkan foundation maupun bronzer di garis rambut bagian dahi sehingga dahi terlihat belang dengan warna yang berbeda. Selalu gunakan kuas foundation maupun spons saat mengaplikasikan foundation atau bronzer. Gunakan spons atau kuas dengan ujung yang menyudut sehingga memudahkan Anda untuk membaurkan foundation maupun bronzer di area yang sempit seperti garis rambut.

4. Tidak membaurkan highlight
Menggunakan shading dan highlight adalah salah satu rahasia membuat wajah terlihat sempurna, namun jika Anda berkulit sawo matang dan gelap Anda harus benar-benar membaurkan highlight tersebut karena highlight warnanya selalu lebih terang dari warna kulit. Jika tidak, highlight akan terlihat sangat mencolok di wajah. Selalu baurkan highlight dan shading Anda. Jangan sampai warna highlight di hidung dan bawah alis sangat mencolok. Begitu pula dengan shading di kedua sisi hidung. Karena tak jika dibaurkan, shading warna coklat tersebut membuat wajah nampak kotor dan highlight putih di batang hidung justru  menonjolkan bentuk hidung yang tidak ideal. Pilih highlight yang warnanya hanya 1 tingkat lebih terang dari warna kulit alami Anda, bukan yang berbeda drastis dengan kulit Anda.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini