Sukses

Peringati HUT Jawa Timur ke-78, Anak-Anak Disabilitas Bikin Semarak Jatim Fest 2023

Jatim Fest 2023 merupakan acara besar yang dihelat dalam rangka memperingati hari ulang tahun Provinsi Jawa Timur ke-78 yang jatuh pada 12 Oktober mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Ajang Jawa Timur Festival atau Jatim Fest 2023 diwarnai dengan berbagai penampilan inklusif dari anak-anak penyandang disabilitas.

Jatim Fest 2023 merupakan acara yang dihelat memperingati hari ulang tahun (HUT) Provinsi Jawa Timur ke-78 yang jatuh pada 12 Oktober mendatang.

Jatim Fest 2023 sudah digelar sejak 4 Oktober dan dihadiri oleh seluruh dinas di Jawa Timur untuk memberikan informasi kepada masyarakat soal perkembangan kinerja setahun belakangan.

Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) adalah salah satu yayasan disabilitas di Sidoarjo yang ikut terlibat dalam acara besar ini. Y-AMI menjadi pihak yang mempersiapkan anak-anak disabilitas untuk tampil mengisi acara.

“Ini pertama kalinya Y-AMI mengikuti kegiatan besar seperti ini jadi luar biasa banget persiapan untuk anak-anak tampil, rasanya benar-benar mereka konser tunggal karena panggungnya bagus banget, lightingnya, dan kameranya sangat-sangat perfect,” ujar Ketua Umum Y-AMI, Yenni Darmawanti, S.E., kepada Disabilitas Liputan6.com melalui pesan suara, Kamis (5/10/2023).

Dengan tata panggung yang profesional, penampilan anak-anak istimewa yang bernyanyi, menari, dan peragaan busana terlihat lebih hidup dan menarik, tambah Yenni.

Dalam acara ini, ibu dari anak berkebutuhan khusus tersebut merasa pihaknya lebih diayomi. Dengan bantuan Dinas Sosial Jawa Timur, anggota Y-AMI diberi akomodasi yang baik termasuk disewakan kostum untuk tampil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peran Y-AMI dalam Jatim Fest 2023

Dalam rangkaian ajang besar ini, Y-AMI dipercaya mengisi penampilan seni. Beberapa penampilan yang disuguhkan Y-AMI untuk memeriahkan ajang ini adalah:

  • Memainkan alat musik angklung oleh anak-anak disabilitas.
  • Tarian tradisional.
  • Tarian modern.
  • Band anak-anak autisme.
  • Solo vokal disabilitas netra.
  • Pembacaan puisi oleh anak ADHD.
  • Peragaan busana.

Yenni sendiri tampil sebagai pembicara dalam seminar tentang pengasuhan anak dan akan menyampaikan materi parenting pada Jumat, 6 Oktober 2023.

3 dari 4 halaman

Harapan Yenni

Jatim Fest yang merupakan acara yang rutin diadakan setiap tahun. Usai mengikuti ajang ini, Yenni berharap ke depannya bisa selalu bergandengan tangan dengan pihak pemerintah untuk menampilkan potensi anak-anak disabilitas.

“Semoga Y-AMI bisa terus bergandengan tangan dengan Dinsos,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa ajang tersebut membawa dampak positif bagi Y-AMI lantaran di sana banyak ditemui banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan kerja sama.

“Saya berkesempatan bertemu dengan banyak CSR (Corporate Sosial Responbility) perusahaan-perusahaan yang bersedia memfasilitasi UMKM-nya Y-AMI.”

4 dari 4 halaman

Anak-Anak Istimewa Tampil dengan Baik dan Membanggakan

Sebagai yayasan yang fokus pada pemberdayaan anak-anak disabilitas dan keluarganya, Y-AMI telah banyak memberikan manfaat pada sekitar.

Dengan dilibatkannya yayasan tersebut dalam acara besar ini, Yenni mengaku terharu dan sangat bahagia. Dengan suara bergetar Yenni mengutarakan rasa bangganya pada anak-anak istimewa yang berhasil memberikan penampilan terbaik.

“Luar biasa, panggung ini bisa diberikan pula kepada anak-anak kita, terharu banget, enggak bisa ngomong rasanya. Senang, saya enggak menyangka anak-anak bisa tampil sangat luar biasa sempurna.

“Ya semoga di tahun-tahun ke depan akan banyak panggung-panggung besar untuk anak-anak istimewa kita,” pungkas Yenni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.