Sukses

Pria dengan Disabilitas Ini Jadi Pelopor Keberhasilan Operasi AI, Bisa Bergerak dan Merasakan Indera Lagi

Tindakan operasi ini untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit seperti gangguan penglihatan, Tuli, ALS (gangguan saraf yang dapat memburuk seiring waktu hingga menyebabkan kelumpuhan), kejang, cerebral palsy dan Parkinson.

Liputan6.com, Jakarta Sejak Kecerdasan Buatan (AI) diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan, beberapa orang masih memperdebatkan penggunaannya.

Beberapa orang menganggapnya sebagai anugerah dan mendorong kemajuan besar dalam teknologi ini. Yang lain menganggap AI sebagai kutukan dan ancaman bagi pekerjaan mereka.

Namun, AI ternyata menjadi anugerah bagi pria disabilitas asal Long Island, AS, Keith Thomas. Dia yang mengalami kelumpuhan setelah kecelakaan menyelam, berhasil mendapatkan kembali gerak dan indra di tubuhnya setelah operasi yang "menghubungkan otaknya ke komputer" melalui implan mikroelektroda.

Dilansir dari New York Post, Keith Thomas, 45, adalah kasus pertama untuk operasi AI (AI-Infused). Menurut para ahli di Manhasset's Feinstein Institutes for Medical Research, tindakan operasi ini untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit seperti gangguan penglihatan, Tuli, ALS (gangguan saraf yang dapat memburuk seiring waktu hingga menyebabkan kelumpuhan), kejang, cerebral palsy dan Parkinson.

"Ini adalah pertama kalinya orang yang mengalami kelumpuhan mendapatkan kembali gerakan dan sensasi dengan menghubungkan otak, tubuh, dan sumsum tulang belakang mereka secara elektronik," kata Chad Bouton, seorang profesor di Feinstein's Institute of Bioelectronic Medicine, kepada The Post.

“Kami dapat terus membantu jutaan orang di seluruh dunia dan mungkin dengan kondisi yang lebih luas lagi.”

Tiga musim panas lalu di tahun 2020, Thomas, seorang manajer kekayaan sukses yang tinggal di Manhattan selama dua dekade, mengalami patah leher dan sebagian tulang punggungnya saat menyelam ke kolam teman di Montauk. Dia pingsan di bawah air dan terbangun untuk mengetahui berita suram bahwa dia tidak lagi mengendalikan tubuhnya.

Thomas, yang harus pindah kembali ke kampung halamannya di South Shore, awalnya diberi tahu bahwa dia tidak akan pernah bisa bergerak lagi di bawah leher, namun dia tidak kehilangan harapan.

"Saya orang New York sejati dan ingin semuanya [diperbaiki] segera," kata Thomas - yang dikenal karena selera humornya - kepada The Post, mengingat bahwa bangun dari tempat tidur pun merupakan tantangan yang menakutkan pada awalnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melalui Berbagai Cobaan

Melalui berbagai cobaan, kesengsaraan, dan penyesuaian hidup yang besar, Thomas jarang kehilangan semangat atau rasa persatuan dengan orang-orang yang merawatnya. Dia tahu segalanya akan menjadi lebih baik dan orang-orang dalam hidupnya memastikan hal itu.

Orang-orang terkasihnya mengumpulkan GoFundMe, yang mengumpulkan lebih dari $360.000 untuk mengakomodasi kebutuhannya setelah kecelakaan itu — sumbangan individu mencapai $10.000.

"Dia dicintai oleh banyak orang dan saya bahkan tidak mengetahuinya sampai orang menghubungi saya," kata Michelle Bennett, saudara perempuan Thomas yang sekarang tinggal bersamanya, kepada The Post.

“Semua orang mengira mereka adalah sahabatnya, dia membuat semua orang merasa istimewa,” tambahnya. “Mereka semua mendukungnya dan menyebarkan informasi. Sungguh luar biasa betapa dermawannya orang-orang untuknya.”

 

3 dari 4 halaman

Menjadi Kandidat untuk Operasi dan Terus Berjuang

Tekad Thomas dan cintanya pada hidupnya dan orang sekitarnya membuatnya menjadi kandidat yang tepat untuk operasi tersebut, ujar Dr Ashesh Mehta direktur Institute’s Laboratory of Human Brain Mapping, kepada The Post.

“Ada sesuatu yang istimewa tentang Keith. Kami tahu bahwa dia memiliki kekuatan, sikap yang benar, ketekunan untuk melakukan apa yang diminta.”

Thomas menjalani operasi selama 15 jam dan dia terjaga selama beberapa waktu untuk berkomunikasi dengan para dokter, menurut New York Post.

“Operasi harus berjalan dengan sempurna. Tidak ada ruang untuk kesalahan. Hanya ada satu cara untuk melakukannya dengan benar dan sejuta cara untuk mengacaukannya,” tambah Mehta.

Meskipun demikian, Thomas tidak terpengaruh. Bennett mengatakan dia bahkan membuat lelucon saat dokter pergi bekerja.

Setelah keberhasilan prosedur yang belum pernah terjadi sebelumnya dan pemulihan satu minggu - Thomas sangat menyukai daging domba di North Shore University Hospital - dia dapat memegang tangan saudara perempuannya untuk pertama kalinya sejak kecelakaan itu.

“Sangat berarti bagi saya untuk membuatnya dapat melihat sekilas tentang kemerdekaan,” kata Bennett. “Kami menerima begitu saja apa yang bisa kami lakukan, dari menyikat gigi hingga menyesap air kapan pun kami mau. Hanya membasmi beberapa nyamuk di pantai selatan pulau.”

Tidak ada yang lebih menyadari hal ini daripada pasien "pelopor" itu sendiri.

“Jalan yang cukup panjang untuk sampai ke titik ini,” kata Thomas, menambahkan bahwa dia sekarang dapat menggerakkan tangan kanannya ke wajahnya dan tujuan selanjutnya adalah menyikat giginya sendiri.

"Saya menangis seperti orang gila."

 

4 dari 4 halaman

Jangkauan AI Menajubkan

Membatalkan efek kelumpuhan yang memberatkan bukanlah hal yang mudah - juga tidak mungkin dilakukan bertahun-tahun yang lalu.

Jangkauan baru AI yang menakjubkan memungkinkan implan otak bypass ganda Thomas yang "harfiah, pertama dari jenisnya". Dia sekarang menjadi pasien pertama bagi ilmu kedokteran revolusioner.

“Anda memiliki komputer yang terhubung ke otak Anda dan Anda mendapatkan umpan balik berdasarkan pemikiran Anda sendiri,” kata Bouton. “Itu menyebabkan apa yang kita sebut plastisitas di otak. Plastisitas adalah kunci [menyelesaikan] banyak, banyak kondisi dan gangguan gerakan seperti MS - mampu melatih dan membentuk kembali otak dan sumsum tulang belakang dalam kasus ini.

Mehta pasti memiliki pekerjaannya untuk melakukannya. Menanam elektroda berukuran sangat kecil ke dalam otak manusia hidup adalah salah satu prosedur kedokteran yang lebih menantang.

"Bayangkan selembar kertas berukuran 8 kali 10 dan Anda harus menempatkan sebuah titik tepat di tengahnya," katanya. "Sama sekali tidak boleh salah satu milimeter maupun arahnya."

Dengan segala sesuatu di lokasi saraf yang tepat, Thomas sekarang memiliki komputer kecil di kepalanya. Dia menghabiskan dua hingga tiga hari seminggu dalam sesi pelatihan khusus untuk menyesuaikan diri, menurut dokternya.

“Ini proses dua arah, karena dia tidak hanya melatih mesin tetapi mesin juga melatihnya,” kata Mehta. “Ketika dia terhubung ke komputer, mereka menjadi bagian dari dirinya. Kami belajar tentang teknologi ini melalui Keith dan itu memperluas cakupannya.”

Berkat individu ini, suatu hari mungkin akan terwujud metode "pengaturan ulang" saraf, lalu Thomas bahkan mungkin bisa berjalan lagi, penyandang tunanetra bisa melihat dan orang Tuli bisa mendengar, harapan tim medis.

“Anda dapat melakukan lebih banyak gerakan dan Anda dapat mulai merasakan lebih banyak. Jadi ya, saya pikir [terobosan] ini sedang terjadi sekarang,” kata Bouton. "Langit adalah batasnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.