Sukses

4 Pantangan yang Harus Dihindari usai Operasi Katarak

Untuk mempercepat pemulihan operasi, ada beberapa pantangan yang perlu dihindari oleh pasien yang baru saja menjalani operasi katarak.

Liputan6.com, Jakarta Operasi katarak adalah upaya untuk memperbaiki penglihatan dan mencegah katarak menjadi semakin parah hingga berujung disabilitas netra.

Menurut tulisan yang ditinjau ulang oleh dokter spesialis mata, Kevin, untuk mempercepat pemulihan, ada beberapa pantangan yang perlu dihindari oleh pasien yang baru saja menjalani operasi katarak.

Pantangan-pantangan tersebut yakni:

Hindari Segala Aktivitas yang Sebabkan Tekanan pada Mata

Untuk beberapa waktu setelah operasi katarak, mata pasien akan sangat sensitif dan rawan terhadap iritasi atau trauma.

Oleh karena itu, pasien dianjurkan untuk menghindari segala aktivitas yang dapat menyebabkan tekanan pada mata. Seperti mengucek mata, menggosok mata, atau memijat mata.

“Namun jangan khawatir, hal ini hanya untuk beberapa waktu pasca operasi saja,” mengutip keterangan pers KMN EyeCare yang ditinjau Kevin, Jumat (23/6/2023).

Dilarang Mengucek Mata

Pasien pasca operasi katarak dilarang mengucek mata karena tindakan mengucek mata dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan yang baru dioperasi dan memperlambat proses penyembuhan.

Selain itu, gerakan mengucek mata dapat menyebabkan infeksi pada mata yang dapat memperburuk kondisi pasien.

Hindari Penggunaan Kosmetik

Pasien juga dianjurkan untuk menghindari penggunaan kosmetik dan perhiasan di sekitar mata selama beberapa minggu setelah operasi.

Makeup dan perhiasan di sekitar mata dikhawatirkan akan berisiko mengiritasi mata dan menyebabkan trauma pada mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hindari Berenang Selama Sebulan

Selain itu, pasien perlu menghindari berenang selama satu bulan setelah operasi untuk mencegah kontaminasi kuman dari air kolam masuk ke mata.

Kapan Dokter Akan Sarankan Operasi?

Saat kondisi katarak sudah parah dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, biasanya dokter akan menyarankan tindakan operasi katarak.

Hingga saat ini, operasi katarak dinilai sebagai satu-satunya solusi yang dapat mengatasi masalah katarak pada penderitanya.

3 dari 4 halaman

Jika Operasi Katarak Tidak Segera Dilakukan

Seiring berjalannya waktu, apabila operasi tidak segera dilakukan, katarak akan semakin memburuk. Katarak yang dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kebutaan.

Operasi katarak adalah sebuah tindakan bedah medis yang dilakukan untuk tujuan mengganti lensa mata yang keruh akibat katarak, dengan lensa buatan (intraokular) yang lebih jernih.

Tingkat keberhasilan operasi katarak tergolong tinggi, artinya hampir semua pasien dapat melihat kembali secara normal pasca operasi.

4 dari 4 halaman

Perawatan Pasca Operasi Katarak

Durasi tindakan operasi katarak terbilang cukup singkat, sekitar 15-20 menit saja. Setelah itu, pasien akan diperbolehkan untuk pulang ke rumah pada hari yang sama.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon pasien dalam perawatan pasca operasi untuk mencegah komplikasi.

Sementara itu, untuk waktu pemulihan pasca operasi hingga benar-benar sembuh total biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 8 minggu. Waktu pemulihan ini dapat berbeda-beda pada setiap individu.

Selama waktu pemulihan, terdapat beberapa perawatan pasca operasi katarak yang perlu dilakukan agar proses penyembuhan berjalan optimal, yakni:

Setelah operasi, pasien akan diberikan tetes mata antibiotik dan antiradang untuk membantu mencegah infeksi dan mengurangi peradangan pasca operasi.

Pasien dianjurkan untuk menggunakan obat tetes mata sesuai dengan petunjuk dokter.

Perlu diperhatikan juga kebersihan tangan yang baik pada saat pemberian obat tetes mata dan menghindari sentuhan langsung dengan mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.