Sukses

Kiat Melindungi Kaki Penderita Diabetes dari Amputasi

Komplikasi diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf dan sirkulasi darah yang buruk. Masalah-masalah ini dapat menyebabkan luka kulit (borok) pada kaki yang dapat memburuk dengan cepat.

Liputan6.com, Jakarta Komplikasi diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf dan sirkulasi darah yang buruk. Masalah-masalah ini dapat menyebabkan luka kulit (borok) pada kaki yang dapat memburuk dengan cepat hingga mengharuskan amputasi.

Kabar baiknya adalah mengelola diabetes dan merawat kaki Anda dapat membantu mencegah ulkus (luka terbuka) pada kaki.

Menurut Mayo Clinic, saat Anda terkena ulkus kaki, penting untuk segera mendapatkan perawatan. Sebab pada beberapa orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi daripada yang lain.

Faktor-faktor yang menyebabkan risiko amputasi lebih tinggi meliputi:

- Kadar gula darah tinggi

- Merokok

- Kerusakan saraf di kaki (neuropati perifer)

- Kapalan atau jagung

- Deformitas kaki

- Sirkulasi darah yang buruk ke lengan dan kaki (penyakit arteri perifer)

- Riwayat ulkus kaki

- Sebuah amputasi masa lalu

- Masalah penglihatan

- Penyakit ginjal

- Tekanan darah tinggi, di atas 140/80 milimeter air raksa (mm Hg)

 

Cara Mencegah Ulkus Kaki

Cara terbaik untuk mencegah komplikasi diabetes (termasuk ulkus kaki) adalah dengan mengelola diabetes Anda. Ini termasuk makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, memeriksa gula darah secara teratur dan minum obat dengan benar.

Merawat kaki Anda akan membantu mencegah masalah. Itu juga dapat memastikan Anda mendapatkan perawatan medis dengan cepat ketika Anda melihat masalah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Kaki

 

Perawatan kaki yang benar meliputi hal-hal berikut:

- Lihatlah kaki Anda setiap hari. Periksa kaki Anda sekali sehari apakah ada lecet, luka, retak, luka, kemerahan, nyeri atau bengkak. Jika Anda kesulitan menjangkau kaki Anda, gunakan cermin tangan untuk melihat bagian bawah kaki Anda. Letakkan cermin di lantai jika Anda tidak bisa memegangnya, atau minta bantuan seseorang.

- Cuci kaki Anda setiap hari. Cuci kaki Anda dengan air hangat (bukan panas) sekali sehari. Keringkan dengan lembut, terutama di sela-sela jari kaki. Gunakan batu apung untuk menggosok kulit dengan lembut di mana kapalan mudah terbentuk.

- Taburkan bedak talk atau tepung maizena di antara jari kaki agar kulit tetap kering. Gunakan krim atau lotion pelembab di bagian atas dan bawah kaki Anda untuk menjaga kelembutan kulit. Mencegah retakan pada kulit kering membantu mencegah masuknya bakteri.

- Jangan menghilangkan kapalan atau lesi kaki lainnya sendiri. Untuk menghindari melukai kulit Anda, jangan gunakan kikir kuku, gunting kuku atau gunting pada kapalan, jagung atau kutil. Jangan gunakan penghilang kutil kimia. Temui penyedia atau spesialis kaki Anda (ahli penyakit kaki) untuk menghilangkan salah satu dari masalah ini.

- Potong kuku kaki Anda dengan hati-hati. Potong kuku Anda lurus. Kikir ujung tajam dengan hati-hati dengan papan ampelas. Minta bantuan seseorang jika Anda tidak bisa memotong kuku sendiri.

- Jangan bertelanjang kaki. Agar kaki Anda tidak terluka, jangan bertelanjang kaki, bahkan di sekitar rumah Anda.

- Kenakan kaus kaki yang bersih dan kering. Kenakan kaus kaki yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dari kulit Anda. Ini termasuk kapas dan serat akrilik khusus, bukan nilon. Jangan memakai kaus kaki dengan karet gelang yang ketat. Band-band ini mengurangi sirkulasi. Hindari kaus kaki dengan jahitan yang dapat mengiritasi kulit Anda.

- Belilah sepatu yang ukurannya pas. Belilah sepatu yang nyaman yang memberikan dukungan dan bantalan untuk tumit, lengkungan, dan bola kaki. Hindari sepatu ketat dan sepatu hak tinggi atau sepatu sempit yang memadati jari kaki Anda.

Jika satu kaki lebih besar dari kaki lainnya, belilah sepatu dengan ukuran lebih besar. Penyedia Anda mungkin merekomendasikan sepatu yang dirancang khusus (sepatu ortopedi). Sepatu ini pas dengan bentuk kaki Anda, bantalan kaki Anda dan pastikan berat Anda sama di kedua kaki.

- Jangan merokok. Merokok mempersulit darah Anda untuk melewati tubuh Anda. Ini juga mengurangi jumlah oksigen dalam darah Anda. Masalah-masalah ini dapat memperburuk luka dan memperlambat penyembuhan. Bicaralah dengan penyedia Anda jika Anda memerlukan bantuan untuk berhenti merokok.

- Jadwalkan pemeriksaan kaki secara teratur. Penyedia atau ahli penyakit kaki Anda dapat melihat tanda-tanda kerusakan saraf, sirkulasi yang buruk, atau masalah kaki lainnya pada kaki Anda. Lakukan pemeriksaan kaki setidaknya setahun sekali atau lebih sering jika direkomendasikan oleh penyedia Anda.

 

3 dari 4 halaman

Tanda-tanda Masalah

Hubungi klinik kesehatan, puskesmas atau rumah sakit jika Anda memiliki:

- Kuku tumbuh ke dalam

- Lepuh

- Benjolan berwarna daging dengan bintik hitam (kutil plantar) di bagian bawah kaki Anda

- Kaki atlet

- Luka terbuka atau berdarah

- Pembengkakan

- Kemerahan

- Terasa menghangat di satu area

- Nyeri (meskipun Anda mungkin tidak merasakan apa-apa jika mengalami kerusakan saraf)

- Kulit berubah warna

- Bau busuk

- Maag yang berlangsung lebih dari 1 hingga 2 minggu

- Bisul lebih besar dari 3/4 inci (2 sentimeter)

- Sakit yang tidak cepat sembuh

- Bisul yang begitu dalam sehingga Anda bisa melihat tulang di bawahnya

- Penyedia Anda akan melihat kaki Anda untuk mencari tahu apa yang salah dan meresepkan pengobatan.

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana Jika Amputasi Satu-Satunya Pilihan?

Perawatan untuk ulkus kaki tergantung pada lukanya. Sebagian besar waktu, perawatannya adalah mengangkat jaringan mati atau kotoran, menjaga luka tetap bersih, dan membantu penyembuhan. Luka perlu sering diperiksa, minimal 1 sampai 4 minggu sekali.

Ketika maag menyebabkan hilangnya jaringan yang parah atau infeksi yang mengancam hidup Anda, amputasi mungkin merupakan satu-satunya pengobatan.

Seorang ahli bedah akan mengangkat jaringan yang rusak dan menjaga jaringan sehat sebanyak mungkin. Setelah operasi, Anda akan tinggal di rumah sakit selama beberapa hari. Mungkin diperlukan waktu 4 hingga 6 minggu agar luka Anda sembuh sepenuhnya.

Selain penyedia dan ahli bedah Anda, profesional medis lain yang terlibat dalam perawatan Anda mungkin termasuk:

- Seorang ahli endokrin, yang merupakan dokter dengan pelatihan khusus dalam pengobatan diabetes dan gangguan terkait hormon lainnya.

- Terapis fisik, yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi. Terapis fisik juga dapat mengajari Anda cara menggunakan anggota tubuh buatan (prostetik), kursi roda, atau perangkat lain untuk membantu Anda bergerak dengan lebih baik.

- Terapis okupasi, yang berspesialisasi dalam terapi untuk meningkatkan keterampilan sehari-hari. Ini dapat mencakup mengajari Anda cara menggunakan produk untuk membantu aktivitas sehari-hari.

- Penyedia kesehatan mental, seperti psikolog atau psikiater, yang dapat membantu Anda mengatasi perasaan Anda tentang amputasi atau mengatasi reaksi orang lain.

- Seorang pekerja sosial, yang dapat membantu menemukan layanan dan merencanakan perubahan dalam perawatan.

Bahkan setelah amputasi, penting untuk mengikuti rencana pengobatan diabetes Anda. Orang yang pernah menjalani satu amputasi berisiko lebih tinggi untuk mengalami amputasi lagi. Konsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, mengontrol gula darah dan tidak merokok dapat membantu Anda mencegah lebih banyak komplikasi diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Amputasi