Sukses

ADHD Tak Selalu Bawa Dampak Negatif bagi Kehidupan, Ini Sederet Sisi Positifnya

Liputan6.com, Jakarta Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) sering kali dipandang keliru di kalangan masyarakat awam. Padahal, disabilitas ini memiliki sisi positif bagi penyandangnya.

Orang dengan ADHD umumnya memiliki karakteristik tertentu seperti kesulitan untuk duduk diam, kesulitan fokus, dan perilaku impulsif. Dari karakteristik ini, timbul kekhawatiran bahwa hal-hal tersebut dapat menyebabkan penyandangnya kesulitan mencapai potensi penuh mereka di sekolah atau di tempat kerja.

Tak banyak yang tahu bahwa sebetulnya orang dengan ADHD memiliki kelebihan tersendiri, contohnya energi dan kreativitas yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa hidup dengan ADHD tidak selamanya buruk.

Orang dengan ADHD memiliki karakteristik fisik di otak mereka yang mengarah pada gejala gangguan, termasuk perilaku impulsif dan kesulitan memerhatikan. Namun, karakteristik tersebut juga dapat membawa manfaat.

Misalnya, hiperaktif (tidak bisa duduk diam) bisa menjadi gejala ADHD yang membuat frustrasi, tetapi sisi lain darinya adalah memberikan tingkat energi yang lebih tinggi daripada orang tanpa ADHD.

“Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa orang dengan ADHD dilaporkan menyukai tingkat energi mereka yang lebih tinggi,” mengutip Very Well Health, Rabu (2/11/2022).

Perawatan untuk ADHD sering kali mencakup terapi yang mendorong pengaturan diri (kemampuan untuk mengelola emosi dan perilaku).

Karena itu, orang-orang dengan ADHD memiliki kemampuan yang baik dalam mempelajari pemicu dan pola mereka serta bagaimana mengendalikannya. Kemampuan ini cenderung lebih baik daripada kebanyakan orang non ADHD.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kemandirian dan Ketahanan

Orang dengan ADHD juga cenderung memiliki kemandirian dan ketahanan yang baik.

Sebagai bagian dari pengobatan, orang dengan ADHD belajar bagaimana menenangkan dan mengatur diri mereka sendiri, ini merupakan keterampilan yang cukup sulit bagi banyak orang neurotipikal.

Orang ADHD juga memiliki ketahanan dan kemampuan yang baik untuk bangkit kembali dari kesulitan. Orangtua dan guru mengatakan bahwa sebagian besar anak-anak dengan ADHD tangguh.

Terkait kreativitasnya, orang ADHD tak kalah dengan neurotipikal atau orang pada umumnya. Bahkan, penelitian telah menemukan bahwa orang dengan ADHD memiliki lebih banyak ide dan kreativitas daripada orang tanpa disabilitas. Hal ini dapat menyebabkan pemikiran di luar kotak (out of the box) yang sangat penting untuk inovasi.

Banyak orang dengan ADHD menjadi hyper-fokus pada hal-hal yang menarik minat mereka. Hal ini dapat mengembangkan perhatian yang sempurna pada satu hal yang diminati sehingga ADHD dapat menguasai suatu bidang dengan sangat baik.

 

3 dari 4 halaman

ADHD dan Hubungan Sosial

Di sisi lain, orang dengan ADHD sering memiliki toleransi risiko yang lebih tinggi daripada orang tanpa kondisi tersebut. Dalam beberapa situasi, ini bisa bermanfaat, memungkinkan mereka mencoba solusi yang mungkin tidak dilakukan orang lain.

Dalam hubungan sosial, ADHD juga tak selalu berdampak negatif. Ada beberapa perilaku ADHD yang dapat membuat hubungan semakin erat.

Misalnya, untuk mengatasi gejala ADHD, orang dengan ADHD dan orang-orang yang dekat dengan mereka sering kali melakukan percakapan terbuka dan jujur ​​tentang ekspektasi. Percakapan ini adalah sesuatu yang bermanfaat bagi kedua belah pihak dan dapat memperkuat hubungan.

Karekter orang dengan ADHD yang cenderung impulsif atau cepat bertindak juga terkadang memberi kesan baik dalam hubungan sosial.

4 dari 4 halaman

Obat ADHD

Meski memiliki beberapa sisi positif, kondisi ADHD tetap harus diperhatikan. Salah satu upaya untuk mengurangi gejala-gejala negatif adalah dengan meminum obat.

Sekitar 62 persen anak-anak dengan ADHD minum obat untuk mengatasi kondisinya. Obat-obatan ini, yang meliputi stimulan dan non-stimulan, memiliki banyak manfaat bagi orang-orang dengan ADHD.

Orang yang menggunakan obat sering mengalami pengurangan gejala ADHD, sehingga mereka lebih mampu fokus dan menyelesaikan tugas di sekolah atau tempat kerja. Selain itu, orang dengan ADHD yang sedang menjalani pengobatan memiliki risiko lebih rendah untuk:

- Cedera

- Kecelakaan, termasuk kecelakaan kendaraan bermotor

- Gangguan penggunaan zat (kecanduan)

- Kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah

Meskipun ada beberapa keuntungan dari cara berpikir seseorang dengan ADHD, dampak negatif dari ADHD itu nyata. Karena itu, penting bagi orang dengan ADHD untuk mempelajari cara mengatasi gejala negatif mereka, sambil berfokus pada gejala yang membuat hidup mereka lebih mudah.

Terapis dapat membantu brainstorming ide-ide terkait hal sederhana yang bisa dilakukan penyandang ADHD. Seperti menempel jadwal, meletakkan barang-barang penting seperti kunci di tempat yang ditentukan, atau meluangkan beberapa menit untuk bermeditasi sebelum memulai hari. Ini semua dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan ADHD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.