Sukses

Chef de Mission ASEAN Para Games 2022 Andi Herman Optimis Indonesia Capai Target Juara Umum

Liputan6.com, Jakarta Atlet disabilitas Indonesia menunjukkan performa yang membanggakan di gelaran ASEAN Para Games 2022. Performa baik ini kemudian memicu rasa optimis berbagai pihak.

Salah satunya Chef de Mission (CDM) Kontingen Indonesia ASEAN Para Games Solo 2022 Andi Herman. Ia optimis bahwa target prestasi dapat tercapai.

Hal itu disampaikan saat mengadakan jumpa pers tentang update medali dan perjuangan atlet Indonesia, di Media Center Utama ASEAN Para Games (APG), Hotel Swiss-Belinn Saripetojo, Lantai 5, Surakarta, Selasa (2/8) malam.

Keyakinannya tersebut didasarkan pada perolehan medali dua hari ke belakang yang sangat menjanjikan dan melegakan dari harapan yang dicanangkan.

"Dua hari ini kita sudah mendapatkan 59 emas, 35 perak, 28 perunggu, total 122 medali. Dengan masih menyisakan empat hari lagi maka target 104 medali emas optimis tinggi bisa tercapai," kata Andi mengutip laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Rabu (3/8/2022).

Ia menambahkan, memang terjadi banyak dinamika di lapangan, ada yang diproyeksikan dapat medali emas tetapi turun mendapat medali perak atau perunggu, tapi sebaliknya ada yang diprediksi tidak dapat medali emas tetapi justru mendapatkannya.

"Dinamika ada di lapangan, dan semua itu bentuk perjuangan para atlet. Ada yang diproyeksikan dapat medali tetapi turun demikian sebaliknya yang tidak diprediksi justru dapat diatasnya.”

“Oleh karenanya empat hari ke depan ditambah atlet dalam kondisi siap bertanding, optimis target juara umum dapat tercapai," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Semoga Target Meleset?

Andi pun meminta semua pihak untuk mendoakan agar target itu meleset, tapi meleset ke arah yang lebih baik.

"Mohon doanya, semoga target meleset, tapi meleset ke atas, jadi perolehan medali emas bisa lebih dari 104," tutup Kajati Jateng itu.

Dalam kesempatan yang sama, dua atlet yang berjuang turut diajak berbincang. Yakni dari Para-Atletik pelari Saptoyogo Purnomo dan atlet Basket Kursi Roda (Wheelchair Basketball) I Komang Suparta.

Saptoyogo Purnomo yang sudah tak asing unjuk gigi di Para-Atletik dalam dua hari ke belakang sudah menyumbangkan dua emas. Sedangkan, target pribadinya sendiri adalah tiga emas.

"Target personal saya 3 emas, sekarang sudah 2, yaitu kemarin 100M dan hari ini 200M. Besok akan ikut 400M semoga dapat emas, meskipun sebenarnya kalau dari target 3 emas itu yang satunya adalah estafet universal," jelas Sapto.

Di sisi lain, meskipun I Komang Suparta belum mempersembahkan emas, pada 2 Agustus di 3x3 baru dapat perunggu dan di 5x5 turut mengantarkan Timnas Indonesia mengalahkan Kamboja dan 3 Agustus melawan Philipina.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Para Atletik Sumbang Emas Paling Banyak

"Kami sudah mempersiapkan ini selama 7 bulan, meskipun belum dapat emas bersyukur dapat perunggu. Dan untuk 5x5 tadi bisa mengalahkan Kamboja, dan besok lawan berat Philipina, tetapi karena ini permainan tim maka kami utamakan dulu kekompakan, semoga kemenangan kita peroleh," kata Komang.

Kemudian Andi menambahkan, hingga saat ini sebanyak 133 nomor dari total 461 nomor sudah dipertandingkan.

"Artinya perolehan medali telah selesai untuk 133 nomor tersebut. Dari jumlah itu kontingen Indonesia sampai saat ini mencapai medali sesuai prediksi," katanya.

Ia mengatakan untuk cabang olahraga yang menyumbangkan medali emas paling banyak yakni para atletik dengan perolehan 27 emas diikuti para renang yang sudah menghasilkan 10 emas.

"Cabang catur tadi baru saja selesai seremoni pemberian medali. Seluruhnya memperoleh empat medali emas dan blind judo juga dapat empat emas. Cabang olahraga lain seperti bulu tangkis dari beregu dapat emas satu. Saat ini atlet kita sedang berjuang di nomor perorangan," katanya.

Untuk para atletik, pihaknya memperkirakan perolehan emas masih akan bertambah menyusul performa baik dari para atlet Indonesia.

4 dari 4 halaman

Digelar hingga 6 Agustus

ASEAN Para Games kali ini dimulai pada 30 Juli dan akan berakhir pada 6 Agustus 2022. Ada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni:

-Para atletik

-Para swimming

-Para tenis meja

-Para chess

-Para powerlifting

-Boccia

-Blind judo

-Goalball

-Wheelchair tenis

-Para archery

-CP football

-Sitting voleyball

Kegiatan ini diikuti 2.309 peserta yang terdiri dari 1.648 atlet dan 661 official dari 11 negara di Asia Tenggara. Dan akan digelar di 14 venue di seputar Kota Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang.

Pada Sabtu 30 Juli 2022, Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi membuka ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Wapres berharap ajang ini bisa mempererat hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.

Dalam pembukaannya, Wapres mengucapkan selamat berjuang bagi para atlet disabilitas.

"Kepada seluruh atlet, selamat berjuang dalam kompetisi yang sehat dan sportif. Saya berharap, perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakat ASEAN.”

“Saya juga berharap, ASEAN Para Games akan menjadikan Komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh," kata Wapres Ma'ruf Amin saat menyampaikan pidato pembukaan di Stadion Manahan Solo, Sabtu.