Sukses

Persiapan Rampung, Pembukaan ASEAN Para Games 2022 Akan Dihadiri Wapres Ma'ruf Amin

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan kompetisi olahraga akbar tingkat internasional, ASEAN Para Games 2022 akan digelar. Rangkaian acara berlangsung pada tanggal 30 Juli-6 Agustus 2022.

Sebanyak 14 cabang olahraga yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas akan dilombakan dalam event ini yakni atletik di Stadion Manahan Solo, boccia (GOR FKOR UNS), panahan (Lapangan Kota Barat), judo (Tirtonadi Convention Hall), tenis meja (Solo Techno Park), angkat berat (Hotel Solo Paragon), renang (GOR Jati Diri Semarang), tenis lapangan (Manahan Solo), catur (Hotel Lor In D'wangsa Solo), goalball (GOR UNS), bulu tangkis (Edutorium UMS), sepak bola CP (Stadion UNS), Basket (GOR Sritex) dan voli duduk (GOR UTP).

Kompetisi ini akan diikuti negara anggota ASEAN, antara lain Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Laos, Timor Leste, Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam dan Myanmar.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan persiapan upacara pembukaan (opening ceremony) ASEAN Para Games (APG) XI 2022 yang digelar di Stadion Manahan Solo, sudah rampung.

"Kami telah melihat bersama dalam gladi opening ceremony APG semua sudah baik dan setting area juga sudah bagus, mudah-mudahan digiatkan lagi dan pembukaan bakal sukses," kata Menpora, dikutip Antara, Sabtu (30/7/2022).

Menpora mengatakan telah mendapat penjelasan seputar gladi acara pembukaan dari Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Ketua Chief de Mission (CDM) Kontingen Indonesia, Prihatin.

"Saya optimistis opening ceremony APG 2022 insya Allah akan bagus. Rencana opening ceremony APG XI 2022 di Solo bakal dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin," kata Menpora.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Wapres akan menghadiri pembukaan APG XI

Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka juga memastikan Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin bakal membuka opening ceremony APG XI di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/7), sekitar pukul 19.00 WIB.

Acara pembukaan APG tersebut bakal dihadiri sekitar 10.000 penonton dan akan disajikan kebudayaan Jawa mulai dari tarian dan wayang yang menceritakan soal maskot APG, yakni Rajamala. Namun, untuk penutupan acara akan menampilkan tarian nusantara.

APG XI 2022 di Solo yang diikuti 11 negara Asia Tenggara tersebut mengambil tema "Striving for Equality" atau Berjuang untuk Kesetaraan.

Selain melakukan gladi opening ceremony APG 2022 dan penataan lampu di panggung tribun timur Stadion Manahan, Gibran juga mengadakan acara potong tumpeng bersama Menpora, CDM dan pendukung opening ceremony serta doa bersama agar acara APG berjalan lancar dan sukses.

"Usai pembukaan APG para atlet bisa langsung menggelar pertandingan. Karena saya sudah mengecek semua arena pertandingan sudah siap semuanya untuk pertandingan para atlet," kata Gibran.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kontingen Indonesia akan memakai batik

Sekretaris Pelaksana Inaspoc Rima Ferdianto mengungkapkan kontingen Indonesia akan memakai batik dengan motif spesial dalam defile upacara pembukaan ASEAN Para Games (APG) 2022..

Meski tak secara detail menyebutkan motifnya, Rima mengklaim masyarakat belum pernah menjumpai seragam seperti yang akan dikenakan skuad Merah Putih dalam acara pembukaan nanti.

Pada bagian depan, kata Rima, motif bakal menggambarkan sejumlah daerah di Indonesia. Sedangkan pada bagian belakang bernuansa merah dan putih.

"Mereka akan mengenakan seragam dengan motif batik spesial dan langka yang tidak ditemui masyarakat sebelumnya," kata Rima kepada pewarta di Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Dalam pelaksanaan defile, Rima menjelaskan ada pembatasan jumlah setiap kontingen. "Paling banyak 30 orang setiap negara," kata Rima.

Sebelumnya, dia juga mengungkapkan upacara pembukaan APG 2022 mengusung konsep yang berbeda dari multievent lainnya. Tribun penonton Stadion Manahan Solo bakal menjadi panggung wayang besar.

Rima mengatakan selain untuk upacara pembukaan APG 2022, Stadion Manahan juga bakal dijadikan arena perlombaan cabang olahraga para-atletik.

"Ini multievent pertama yang menggunakan arena yang sama untuk upacara pembukaan dan perlombaan para-atletik," kata Rima.

"Tribun penonton nantinya akan jadi panggung wayang. Sementara lapangan jadi tempat untuk penonton. Jadi setelah upacara pembukaan, Stadion Manahan bisa digunakan untuk perlombaan," ujar Rima.

 

4 dari 4 halaman

Syarat menyaksikan acara Opening Ceremony ASEAN Para Games 2022

Dikutip surakarta.go.id, masyarakat yang ingin menyaksikan harus memenuhi beberapa syarat, yaitu pendaftar wajib berusia minimal 17 tahun, dengan menunjukkan KTP saat pengambilan tiket. Kemudian, pendaftar diwajibkan sudah menerima vaksin minimal dosis 2. Selain itu, saat acara berlangsung diterapkan protokol kesehatan ketat. Hal ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19.

Untuk dapat hadir dan menyaksikan acara Opening Ceremony ASEAN Para Games 2022, pendaftar harus mengunggah foto twibbon di feed Instagram masing-masing dengan tambahan hastag #aseanpg2022 #strivingforequality #ticketopeningAPG22. Lalu, postingan tersebut wajib menandai @aseanpg2022. Twibbon dapat diunduh melalui link https://www.twibbonize.com/tiketopeningapg22. 

Apabila sudah memenuhi syarat dan ketentuan di atas, pendaftar yang terpilih wajib hadir pada Opening Ceremony 11th ASEAN Para Games Solo 2022. Namun, jika pendaftar tidak bisa hadir, wajib memberikan tiket yang telah diperoleh kepada keluarga atau teman.