Sukses

10 Karir yang Tak Bisa Diambil Penyandang Buta Warna

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka buta warna sampai akhirnya mengikuti ujian untuk mengejar karir impian mereka.

Dilansir dari laman Color Blind Guide, Amir Kosari misalnya. Ia merupakan seorang arsitek dan desainer berpengalaman meskipun buta warna menjelaskan betapa banyak karir yang tidak bisa diambil oleh penyandang buta warna.

Dalam beberapa kasus, orang-orang yang merasa telah salah dikeluarkan dari karir atau pekerjaan tertentu hanya karena buta warna, sehingga mereka melawan. Karena mereka merasa buta warna tidak mempengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan tugas-tugas penting, sehingga mereka terus mengejar impian mereka.

"Dalam hal karier, ini bisa menjadi spektrum yang sangat luas, mulai dari mencampur cat hingga yang membutuhkan seseorang untuk mengoperasikan mesin, menangani kabel berkode warna, atau membaca dasbor berwarna. Jadi kekurangan penglihatan warna dapat memiliki pengaruh besar pada pilihan pekerjaan seseorang.

"Lagi pula, dokter harus dapat menentukan diagnosis yang tepat untuk pasien, desainer harus dapat membuat kombinasi warna yang sempurna untuk klien mereka, penganalisis produk harus mengetahui psikologi di balik setiap warna, pengemudi harus bereaksi terhadap lampu lalu lintas, dan koki harus tahu apakah warna makanan sudah matang sepenuhnya," jelas Amir.

Namun menurut Amir, ada banyak dokter yang buta warna dan itu tidak menghalangi mereka dalam karir mereka. "Saya kira ada beberapa cabang kedokteran di mana ketajaman dalam penglihatan warna diperlukan seperti histopatologi atau biokimia tetapi, pada umumnya, buta warna seharusnya tidak menghalangi Anda dari pilihan sebagian besar spesialisasi lainnya," ujarnya.

Selain itu, ia menemukan kalau negara yang berbeda memiliki hukum yang berbeda. Jadi, sebelum menyerah pada pekerjaan impian, Amir menyarankan untuk menghubungi dulu organisasi tempat Anda bekerja.

Adapun beberapa karir berikut yang umumnya terbatas untuk penyandang buta warna, sebagaimana dikutip dari pilestone.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Montir Listrik

Sebagai montir listrik, Anda akan berurusan dengan pemasangan sistem kabel atau perbaikan di rumah, pabrik, dan bisnis. Pekerjaan ini melibatkan seseorang untuk dapat membedakan warna dan kode untuk melakukan pekerjaan mereka dengan benar dan aman karena kebakaran, sengatan listrik, dan pemadaman listrik kemungkinan akan terjadi jika dilakukan dengan tidak benar. Untuk seseorang yang buta warna dan tidak dapat mencocokkan warna atau membedakan warna yang berbeda dari yang lain, pekerjaan ini dapat menyebabkan Anda kesulitan besar.

2. Pilot (komersial dan militer)

Peran pilot udara yang membedakan warna adalah bagian penting dari pekerjaan pilot, ini karena mengidentifikasi banyak sinyal saat terbang memungkinkan penerbangan pesawat yang aman. Pilot udara dibatasi jika ditemukan buta warna kecuali mereka berhasil lulus beberapa tes buta warna yang membuktikan bahwa mereka mampu terbang, namun ini tergantung pada tingkat keparahan buta warna mereka dan dibatasi hanya untuk terbang pada siang hari. Keselamatan diri sendiri dan orang lain sangat penting dalam dunia penerbangan sehingga mengapa buta warna dapat mempengaruhi impian Anda menjadi pilot.

3. Insinyur

Ada beberapa jenis karir di bidang teknik seperti teknik kimia, listrik dan mesin di mana penglihatan berwarna diperlukan. Penglihatan warna yang rusak adalah masalah keamanan dalam industri teknik, sehingga tes CVD diperlukan agar Anda berhasil memenuhi syarat untuk pekerjaan itu.

 

3 dari 4 halaman

4. Dokter

Sebagai seorang dokter, penting untuk memiliki penglihatan warna yang normal karena perawatan atau diagnosis pasien. Dokter harus diuji untuk melihat apakah mereka memiliki kekurangan penglihatan warna karena pentingnya warna untuk karir ini.

5. Polisi

Sebagai seorang polisi, mampu menafsirkan warna lebih penting daripada yang Anda kira. Karena misal terjadi kejahatan dan saksi menyatakan pelaku mengenakan baju merah dan melarikan diri dengan mobil biru tetapi karena petugas ini buta warna, petugas akan menafsirkannya secara berbeda sesuai dengan jenis buta warna yang mungkin ia miliki. Petugas tersebut harus melewati beberapa tes buta warna untuk menjadi petugas seperti tes Farnsworth D15. Karier ini sangat fleksibel untuk orang buta warna dibandingkan dengan karir di dunia penerbangan.

6. Pengemudi

Pekerjaan seorang pengemudi ketika buta warna dibatasi di negara-negara seperti Singapura dan Turki karena alasan keamanan dan dengan demikian mengapa mereka yang buta warna di negara-negara tersebut mungkin dibatasi dalam mendapatkan SIM. Membedakan lampu lalu lintas adalah salah satu masalah terbesar bagi orang buta warna karena mereka dapat menafsirkan sinyal secara tidak benar sehingga menyebabkan kecelakaan di jalan.

7. Desainer Grafis/Desainer Web

Pekerjaan desainer grafis dan web melibatkan banyak warna. Ini karena menciptakan lingkungan di mana konsumen ingin mengklik iklan atau melihat situs web yang disiarkan karena tampilannya yang menarik. Jika Anda tidak dapat memberikan keterampilan warna karena buta warna Anda, pekerjaan ini mungkin bukan untuk Anda.

4 dari 4 halaman

8. Koki

Beberapa perusahaan mungkin tidak mempekerjakan Anda karena ketidakmampuan Anda untuk menafsirkan dan membedakan warna, karena warna penting dalam dunia koki karena penyajian hidangan dan penampilan saat disajikan kepada pelanggan di restoran kelas atas. Bagi seseorang yang buta warna akan sulit mengenali daging yang dimasak atau mentah. Sekali lagi, yang terakhir ini tergantung pada tingkat keparahan buta warna Anda.

9. Penjual bunga

Untuk menjadi penjual bunga, Anda membutuhkan mata yang tajam untuk memperhatikan detail bunga dan tanaman. Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk melihat nuansa penuh bunga, mencocokkan rentang warna tertentu bersama-sama, menata ulang bunga secara profesional, klien ingin Anda memiliki penglihatan penuh warna agar Anda memberi mereka hasil terbaik. Buta warna tidak dapat menghentikan Anda untuk menjadi penjual bunga tetapi sangat kecil kemungkinannya Anda akan dipekerjakan karenanya.

10. Dekorator/Pelukis Profesional

Karir pekerjaan ini sangat melibatkan warna dan jika Anda menderita buta warna menjadi seorang pelukis atau dekorator profesional mungkin bukan pilihan karir untuk Anda. Alasan yang jelas adalah tentunya bagaimana Anda bisa mencampur warna atau mengecat rumah untuk klien, padahal Anda kesulitan melihat warna yang sebenarnya? Seni secara menyeluruh adalah kemampuan untuk melihat, mencampur dan mencocokkan dan memanfaatkan pengetahuan Anda tentang warna untuk menciptakan sebuah mahakarya; sesuatu yang akan sulit dilakukan jika Anda buta warna.

Apakah saat ini ada pengobatan untuk buta warna?

Tidak ada perawatan pencegahan karena itu genetik. Namun filter berwarna, kacamata, dan lensa kontak telah diperkenalkan yang dapat mengubah persepsi warna seseorang, tetapi itu tidak benar-benar