Sukses

500 Outlet KFC di India Bikin Menu dengan Braille

Liputan6.com, Jakarta KFC di India bekerjasama dengan National Association for the Blind, membuat menu dengan Braille. Rencananya menu ini akan tersedia di 500 outlet di antaranya Delhi, Mumbai, Kolkata, bahkan Bengaluru.

Dilansir dari Hotelierindia, tindakan ini merupakan wujud untuk membangun komunitas yang beragam dan inklusif.

Tahun lalu KFC di India meningkatkan tenaga kerja disabilitas di restoran. Pihak restoran cepat saji ini berharap, pada 2024 mendatang, tim tuna rungu dan gangguan pendengaran bisa turut terlibat.

“Pergi ke restoran dan memiliki pengalaman yang baik dapat menjadi tantangan bagi pelanggan tunanetra, terutama dalam proses bisa memesan makanan yang mereka sukai. Kami memperkenalkan menu Braille di seluruh restoran kami, sehingga kami dapat memberikan pengalaman yang setara, mudah, dan tanpa hambatan kepada semua pelanggan kami, dan membuat produk kami lebih mudah diakses. Kami fokus pada upaya kami untuk menjembatani kesenjangan gender dan kemampuan dengan program KFC Kshamata kami dan sangat yakin bahwa inisiatif ini akan menjadi langkah besar untuk membangun komunitas yang lebih inklusif,” ujar Samir Menon, MD, KFC India.

 

Simak Video Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Sering melibatkan disabilitas

Sebelumnya, KFC juga turut merayakan Hari Bahasa Isyarat Internasional pada bulan September lalu. Saat itu mereka menerapkan prinsip dengan semangat namun 'tenang' secara harfiah di seluruh KFC. Restoran pun dioperasikan oleh anggota tim yang mengalami gangguan bicara dan pendengaran.

Di sana pelanggan didorong untuk berkomunikasi dalam bahasa isyarat saat melakukan pemesanan serta saat berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Inisiatif ini bertujuan untuk menyebarkan kesadaran dan penerimaan tentang bahasa isyarat sebagai mode komunikasi. KFC India telah merintis program khusus penyandang disabilitas selama lebih dari satu dekade sekarang, mempekerjakan anggota tim dengan gangguan bicara maupun pendengaran sejak tahun 2008.

Baru-baru ini KFC tersebut juga mengumumkan dukungan & sponsor untuk tim Kriket Tuli India, dengan bermitra dengan Asosiasi Kriket Tuli India. Ke depannya, KFC India terus berniat mendorong keterwakilan para penyandang disabilitas dan menciptakan lebih banyak peluang bagi mereka, dengan demikian budaya dan komunitas inklusivitas diharapkan bisa terpelihara.