Sukses

10 Kegiatan Sensori Natal untuk Anak Tunanetra

Ada aktivitas menyenangkan yang juga bisa dimainkan bersama anak Anda yang memiliki gangguan penglihatan ataupun tunanetra. Berikut ini 10 daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini wonderbaby, situs yang didedikasikan untuk membantu orang tua dari anak-anak kecil dengan gangguan penglihatan serta anak-anak dengan disabilitas ganda, membagikan tips kegiatan sensory untuk merayakan natal bersama anak tunanetra.

Situs ini mulai terbentuk pada tahun 2006. Awalnya sebagai tempat mengumpulkan berbagai hal yang penulisnya temukan terkait penyakit putranya, yaitu Leber Congenital Amaurosis (LCA), kelainan retina langka yang menyebabkannya kehilangan penglihatan sejak lahir.

Dikutip dari Wonderbaby, Natal identik dengan hadiah, pemberian, dan mainan. Tapi ada aktivitas menyenangkan yang juga bisa dimainkan bersama anak Anda yang memiliki gangguan penglihatan ataupun tunanetra. Berikut ini 10 daftarnya.

1. Ornamen Kayu Manis Apel Braille

Selain memanggang, mendekorasi dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, Anda juga bisa melibatkan mereka di dapur. Dengan mencampur saus apel dan kayu manis bisa menghasilkan adonan yang dapat diubah menjadi ornamen aromatik yang menyenangkan. Kemudian, tambahkan cengkeh untuk membuat ornamen braille yang dipersonalisasi.

2. Pohon Natal 

Felt dan velcro membuat kerajinan Natal taktil ini mudah disatukan dan dipisahkan. Buat berbagai bentuk untuk menjadi ornamen taktil yang cantik untuk digantung di pohon Anda.

3. Ornamen Karangan Bunga dari sereal

Dari sereal yang enak, bisa dibuat menjadi gantungan, gelang, dan sebagainya.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Brownies Pohon Natal

Buat brownies dari adonan lalu potong segitiga. Hiasi seperti pohon Natal dan Anda mendapatkan suguhan Natal yang manis dengan melibatkan anak sekaligus menjadi kesempatannya untuk belajar langsung.

5. Membuat cokelat panas

Membuatnya relatif mudah. Yang Anda butuhkan hanya cangkir dan cokelat panass, lalu berbagai macam topping, seperti marshmallow, krim kocok, dan taburan cokelat. Biarkan anak berkreasi dengan toppingnya.

6. Sarung Tangan Kaca Patri

Hanya dengan beberapa potongan kertas warna-warni, kertas tembus pandang, atau kertas tisu, biarkan anak menempelkannya secara acak di bagian dalam jendela yang sudah digambari bentuk sarung tangan.

7. Cat salju

Mencampurkan lem putih dan krim cukur bisa mirip cat salju. Oleskan pada kartu ucapan dan lihat hasilnya saat sudah kering.

 

3 dari 4 halaman

8. Manusia salju dari bekas robekan kertas

Mendaur ulang potongan kertas dengan menambahkan sepasang mata bisa membentuk manusia salju.

9. Pohon Natal Es Krim Cone

Balikkan cone es krim dan tutupi dengan frosting. Kemudian biarkan anak menghiasinya dnegan permen, sesuai imajinasi mereka untuk membuat pohon natal permen.

10. Bola es beku

Isi balon dengan air dan pewarna makanan lalu bekukan. Kemudian potong balonnya dan Anda akan memiliki bola beku yang sangat cantik.

Kerajinan benar-benar dapat diakses oleh semua anak, terlepas dari kemampuan atau disabilitas mereka. selamat liburan dan bersenang-senanglah dengan aktivitas natal Anda.

4 dari 4 halaman

5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.