Sukses

4 Tips Mencari Lowongan Kerja Ramah Disabilitas dan Daftar Perusahaan Dunia yang Inklusif

Liputan6.com, Jakarta Melamar pekerjaan adalah tugas yang melelahkan yang membutuhkan waktu dan usaha. Namun bagi penyandang disabilitas, tantangannya bisa jauh lebih besar jika dibandingkan pelamar kerja yang non-difabel. Dengan tips berikut ini, diharapkan dapat mendukung Anda yang difabel dalam upaya Anda menjadi mandiri.

Dilansir dari DisabilityHorizons, Jane Hatton dari Evenbreak berbagi tipsnya mendapatkan pekerjaan yang membuatnya lebih percaya diri, terlepas dari disabilitasnya.

Hampir setiap pemberi kerja mengaku sebagai pemberi kerja dengan kesempatan yang sama. Tetapi sebagai penyandang disabilitas, kita tahu bahwa sebagian besar tidak sesuai kenyataan, terutama dalam hal disabilitas.

Penelitian yang dilakukan oleh UCL menunjukkan bahwa hambatan terbesar yang dihadapi penyandang disabilitas saat mencari pekerjaan adalah tidak mengetahui perusahaan mana yang akan menganggap mereka serius. Oleh karena itu, kita perlu memahami bahwa mempekerjakan penyandang disabilitas adalah tentang bakat, bukan belas kasihan. Meskipun Anda tidak akan pernah tahu pasti mana pemberi kerja yang benar-benar melihat kemampuan dan akan ada variasi bahkan di dalam perusahaan yang sama, tetapi ada beberapa petunjuk yang bisa Anda dapatkan.

1. Dari mulut ke mulut

Rekomendasi dari mulut ke mulut sangat kuat. Apakah Anda mengenal seseorang yang bekerja untuk perusahaan yang dapat memberi Anda opini jujur ​​tentang praktik inklusi mereka? Jika tidak, Anda mungkin bisa melihat website perusahaan dan cari adakah karyawan yang difabel atau yang menceritakan pengalaman kerja di perusahaan tersebut.

2. Media terkait disabilitas

Pengusaha yang benar-benar inklusif akan secara proaktif memasarkan lowongan mereka ke kandidat yang beragam. Mereka yang serius dalam menarik kandidat penyandang disabilitas akan menggunakan papan pekerjaan khusus, publikasi atau agensi.

Majikan yang beriklan di Evenbreak, atau di majalah disabilitas, jelas ingin mempekerjakan penyandang disabilitas. "Lihatlah papan pekerjaan Evenbreak kami untuk menemukan pemberi kerja yang ingin mempekerjakan penyandang disabilitas berbakat," kata jade, dikutip dari DsabilityHorizons.

 

2 dari 5 halaman

3. Akreditasi

Ada sejumlah akreditasi yang dapat diikuti sebuah perusahaan, salah satunya Mindful Employer yang berjanji untuk waspada terhadap kesehatan mental.

4. Penghargaan

Ada sejumlah penghargaan yang dinilai secara eksternal yang dapat diikuti oleh pemberi kerja, beberapa di antaranya secara khusus seputar disabilitas. Ini termasuk RIDI Awards (Recruitment Industry Disability Initiative), dan kategori dalam Inclusive Employer Awards, Inclusive Companies Top 50 Employers, National Diversity Awards, dan lainnya.

Dengan petunjuk tersebut, penyandang disabilitas bisa menemukan perusahaan pencari kerja yang memang melihat kemampuan penyandang disabilitas, bukan karena kasihan.

 

3 dari 5 halaman

Perusahaan inklusif

Adapun sejumlah perusahaan yang telah jelas memberikan pekerjaan kepada penyandang disabilitas antara lain sebagai berikut, dikutip dari Evenbreak:

- John Lewis

- tesco

- Uniqlo

- Unilever

- Ecover and Method

– People Against Dirty

- Matchesfashion

- DPD group

- HM Land Registry

- HMRC

- Citizens Advice

- Met Office

- Longhurst Housing Group

- Onward social housing

- Haringey Council

- Publicis Groupe

- BBC Studios

- BBC Group

- UKTV

- ITV

- Financial Times

- Channel 4

- Viacom CBS international

- Leeds Building Society

- Nationwide Building Society

- FSCS (Finacial Services Compensation Scheme)

- EBRD (European Bank for Reconstruction and Development)

- Checkout.com

– digital financial services

- Invesco- OSTC Group

- PageGroup recruitment

- SHL Talent in Innovation

- PwC Talent Networks

- Wellcome

- Coleg Cambria

- Network Rail

- Eurostar

- HS2

- Heathrow

- RNIB

- Victim Support

- Facebook

- Airwave Motorola technology solutions

- RS Components

- Allied Electronics and Automation

- LexisNexis technology

- Netcompany digital transformations

- Inmarsat communications

- Mace construction

- Permutive data managemen

4 dari 5 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut Ini: