Sukses

Apple Siapkan Fitur Baru agar Lebih Ramah Penyandang Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Apple siap meluncurkan sejumlah pembaruan untuk membuat perangkatnya lebih ramah pengguna bagi para penyandang disabilitas.

Dilansir dari DisabilityScoop, raksasa teknologi itu mengatakan bahwa pembaruan perangkat lunak yang akan datang akhir tahun ini akan mencakup perubahan yang dirancang untuk orang dengan gangguan mobilitas, penglihatan, pendengaran, dan kognitif.

IPad Apple akan mulai mendukung perangkat keras eye-tracking pihak ketiga, yang memungkinkan individu untuk mengontrol perangkat dengan mata mereka. Serta opsi suara latar belakang baru yang tujuannya untuk membantu individu dengan gangguan spektrum tetap fokus dan tenang dengan menutupi suara eksternal yang tidak diinginkan, menggunakan audio berkelanjutan seperti aliran air, suara lautan, hujan, atau suara saat cerah atau mendung, dan sebagainya.

 

2 dari 4 halaman

Apple memberikan lebih banyak pilihan

Adapun sistem kontrol yang ada saat ini akan memiliki alternatif untuk pengguna mengontrol fungsi pada perangkat iPhone atau iPad dengan suara, seperti klik, pop atau "i..". Dengan ini, Apple memberikan lebih banyak pilihan kepada mereka yang nonverbal atau yang memiliki mobilitas terbatas.

Selain itu, Apple juga akan meningkatkan peran pembaca layar VoiceOver Apple untuk memungkinkan pengguna menjelajahi objek di dalam gambar. Apple Watch akan menjadi lebih sensitif terhadap gerakan otot dan aktivitas tendon sehingga orang dengan perbedaan anggota tubuh dapat mengontrol perangkat tanpa menggunakan sentuhan. Serta perusahaan meluncurkan layanan baru yang disebut SignTime untuk memungkinkan pelanggan berkomunikasi dengan dukungan Apple dan perwakilan ritel menggunakan Bahasa Isyarat Amerika (ASL).

“Di Apple, kami telah lama merasa bahwa teknologi terbaik dunia harus menanggapi kebutuhan semua orang, dan tim kami bekerja tanpa henti untuk membangun aksesibilitas ke dalam semua yang kami buat,” kata Sarah Herrlinger, direktur senior kebijakan dan inisiatif aksesibilitas global Apple.

“Dengan fitur-fitur baru ini, kami mendorong batas-batas inovasi dengan teknologi generasi berikutnya yang menghadirkan kesenangan dan fungsi teknologi Apple pada lebih banyak orang dan kami tidak sabar untuk membagikannya dengan pengguna kami,” lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: